Thursday, September 15, 2016

Berpartisipasi di Google Local Guides

Tahukah anda apa Google Local Guides itu?

Local Guides adalah suatu komunitas global para penjelajah yang membagikan foto-foto, menjawab pertanyaan-pertanyaan lokal area, menambahkan atau memperbaiki lokasi dan menulis pendapat kita di Google Maps. Jutaan orang bergantung pada kontribusi orang-orang seperti anda (pemberi masukan) untuk memutuskan kemana akan pergi dan merencanakan apa yang akan dilakukan.

Awal mula bergabung di Google Local Guides ini bermula waktu saya mengambil foto-foto di suatu lokasi menggunakan telepon genggam, setelah pengambilan foto dilakukan tiba-tiba muncul notifikasi yang bunyinya: "Apakah anda mau mengunngah foto-foto ke.... (lokasi saat itu saya berada)? ya sudah saya klik iya, kemudian saya diarahkan untuk mendaftar di Google Local Guide tersebut, setelah klik konfirmasi, kemudian foto-foto yang saya pilih di upload ke Google Maps.

Dalam waktu periode tertentu kita akan mendapatkan report dari Google tentang foto-foto yang telah kita unggah, yah... ada perasaan senang juga ternyata foto-foto yang telah diupload tersebut banyak juga yang lihatnya :D

Laporan Berkala dari Google Local Guides
Laporan Berkala dari Google Local Guides

Jadi inget pernah suatu hari mau memperbaiki sepeda anak saya, kalau di Bandung, lokasi toko-toko
sepeda ada banyak di Jl. Veteran, yang lokasinya lumayan jauh dan agak macet menuju ke tempat tersebut terutama di sekitar pasar Kosambi, jadi saya coba search di Google Maps dengan kata kunci "toko sepeda" ternyata di sekitar lokasi saya ada beberapa toko sepeda yang jaraknya kurang dari 1 Km, jadi kan enak gak usah jauh-jauh, ternyata di sekitar rumah saya ada toko sepeda maupun tempat service sepeda.

Jadi sangat terbantu sekali dengan adanya informasi di Google Maps tersebut, jadi saya pun melakukan hal yang sama, misalnya saat berada di toko kelontong mainan anak-anak saya cek apakah sudah tersedia di Google Maps atau belum? kalau belum ada saya tambahkan lokasi plus dengan fotonya ;)

Google pun memberikan benefit bagi yang tergabung di Google Local Guides ini, tergantung dari tingkatan (level) kontributor tersebut. Bagian yang paling menarik menurut saya adalah saat kita berada di level 4 maka berhak mendapatkan kapasitas penyimpanan ekstra di Google Drive.

Posisi saya saat ini baru ada di level 3 ^_^

Peringkat (Level) di Google Local Guide
Peringkat (Level) di Google Local Guide

Awalnya kapasitas penyimpanan ekstra ini sebesar 1 TB, namun baru-baru ini Google merevisi kebijakannya, sehingga kapasitas ekstra bagi kontributor di level 4 ini diturunkan menjadi 100 GB, itupun hanya berlaku selama 1 tahun saja, selanjutnya ya bayar :(

Tadinya sih udah semangat masuk-masukin foto atau memberikan kontribusi, setelah tahu begitu jadi kurang semangat, sesekali aja kalau lagi pengen masukin kontribusinya, bukan diseriusin, anggap aja buat beramal hehe...

No comments: