Hati-Hati Menggunakan Kuota Midnight Telkomsel

Sudah lebih dari setahun salah satu nomor Telkomsel saya menggunakan paket data yang ada kuota Midnight nya yaitu kuota yang berlaku mulai jam 00:00 sampai dengan 06:59. Kuota ini walaupun berlakunya malam hari tapi kuotanya lumayan banyak yaitu 13GB per bulannya, kuota ini sering saya gunakan untuk mendownload file-file yang berukuran cukup besar dengan cepat, mungkin oleh Telkomsel juga dimanfaatkan untuk mengisi sepinya trafik pada malam hari agar infrastrukturnya terpakai secara maksimal. Selama itu pula saya merasa cukup puas dengan kinerjanya, yah emang harus diakui jaringan Telkomsel ini paling stabil, dimanapun ada sinyal dan overall cukup bagus.

Namun kemarin ada kejadian yang tidak mengenakkan, yaitu ketika saya menggunakan jaringan Telkomsel ini untuk mendownload file yang berukuran cukup besar pada jam 05.30 yang biasanya dan seharusnya kuota yang terpakai adalah kuota midnight, namun kali ini kuota yang terpakai adalah kuota flash, dan setelah kuota flashnya habis maka dia menyedot pulsa juga sampai nol rupiah, untung saja belum isi pulsa lagi dan tadinya hanya ada 20 ribu rupiah kalau tidak salah.

Kuota Internet Habis
Kuota Internet Habis 

Buktinya pun ada karena ada notifikasi sms dari Telkomsel yang memberitahukan bahwa kuota flash tinggal sekian, kemudian ada notifikasi lagi bahwa kuota flash sudah habis dan akan dikenakan biaya reguler.

SMS Notifikasi dari Telkomsel
SMS Notifikasi dari Telkomsel

Saya komplain dong ke Telkomsel, itu pun menggunakan no yang lain, karena nomor yang habis pulsanya itu tidak bisa digunakan untuk menghubungi Customer Service (CS) nya. Secara umum CS menerima komplain saya dengan baik, saya cukup puas dengan caranya menangani konsumen. 

Oleh CS tersebut dibuatkan laporan dan akan ditindaklanjuti dalam waktu 2x24 jam.

Beberapa jam kemudian saya mendapatkan SMS dari Telkomsel yang intinya seperti ini: "untuk menghindari terpakainya kuota selain Midnight, mohon untuk mematikan data dengan mengaktifkan mode pesawat terlebih dahulu sebelum digunakan kembali."

Nah, saya kan bingung apakah tindak lanjutnya itu hanya berupa SMS ini saja? bagaimana dengan pulsa dan kuota flash saya yang hilang? apakah akan dikembaikan lagi atau tidak?

Lalu saya telepon lagi ke CS Telkomsel di 188 dan menanyakan masalah tadi, ternyata sudah dinyatakan "case closed" atau sudah selesai. Wah... enak banget ya, klo yang dirugikannya adalah pelanggan maka dengan gampangnya dinyatakan kasus selesai. Saya tanyakan lagi bagaimana dengan kuota data dan pulsa yang terpakai oleh kesalahan sistem tersebut, apakah bisa balik lagi atau bagaimana? masih untung ini cuma 20 ribu rupiah yang terpotong karena memang pulsanya ada segitu waktu itu. Bagaimana nasibnya jika menggunakan kartu pascabayar? Apakah akan ditagih juga? mana kalau tidak menggunkan paket, biaya data sangat mahal, bisa jadi jutaan nanti tagihannya.

CS nya bilangl bahwa kalau di pascabayar bisa di "adjust" atau disesuaikan, tapi mana bisa dipercaya kalau di prabayar ini aja gak bisa balik lagi uangnya. Maka oleh CS tersebut dibuatkan lagi laporan untuk restitusi atau pengembalian dana, dan diminta untuk menunggu 3x24 jam.

Sudah lewat 2x24 jam tidak ada kabar lagi, ah mungkin benar bahaya nih kalau di pasca bayar kena kasus kaya gini bisa rugi sampe jutaan nantinya.... Namun setelah 3x24 jam ada notifikasi masuk melalui SMS memberitahukan bahwa dana pulsa yang terpakai sudah dikembalikan.

Overall dari sisi pelayanan Customer Servicenya, Telkomsel cukup bagus, namun penyelesaian dari masalahnya cukup lama, tapi kalau dibandingkan dengan yang lain misalnya kakaknya, yaitu: Telkom, maka Telkomsel ini cukup cepat. Saya pernah mengajukan untuk migrasi paket Internet dari dual play (Telepon dan Internet) ke Triple play, total waktu dari pengajuan 21x24 jam alias tiga minggu, dua minggu pertama saya biarin aja gak ada yang konfirmasi atau apapun, setelah saya tanyakan lagi ke 147 ternyata pengajuannya hilang, alias tidak ada datanya, jadi dibuatkan pengajuan ulang, itu pun setelah 5x24 jam tidak ada kabar saya followup ke 147 baru diverfikasi katanya, setelah itu tidak ada kabar lagi, setelah 7x24 jam kemudian saya coba lapor ke FanPagenya Indihome di Facebook, malah setelah itu baru deh diproses migrasinya

Kesimpulannya, Telkomsel masih bisa diajak "fair" terbukti dengan dikembalikannya lagi pulsa yang terpotong itu. Namun, dengan catatan kita sebagai konsumen harus "cerewat" dulu, baru bisa di proses, kalau diam saja ya gak bakal ada penyesuaian itu tadi.

Comments

Popular posts from this blog

Just Dance Now, Game Seru Bermain Sambil Berolah Raga

Pengalaman Menjadi Mystery Shopper

Review Perbandingan Antara Iflix dengan Hooq