Review Nonfarm Payroll Desember 2007

Pada hari Jum'at tanggal 4 Januari 2008 yang lalu telah dirilis berita ekonomi dari USA yang mempunyai impact cukup besar yaitu dirilisnya data Nonfarm Payroll, Jobless Claim dll yang diumumkan pada waktu bersamaan. Hasilnya cukup mengejutkan, dari survei saja sudah cukup buruk bagi USD yaitu turun dari bulan sebelumnya.

Ternyata saat dirilis, data aktualnya benar-benar buruk yaitu 18K (survei 80K), hasilnya USD ambruk seketika saat itu sebelum diumumkan GBP/USD berada dikisaran 1.9760-an, setelah data diumumkan GBP terbang mencapai 1.9840-an dalam hitungan menit.

Namun setelah keluar data revisinya ternyata di atas survei yaitu sebesar 115K, jauh banget yah.... dan dampaknya pun cukup besar, yaitu USD menguat cukup signifikan terhadap Pound Sterling yaitu dari 1.9840-an (GBP) turun ke harga 1.9720-an dalam waktu 3 jam saja.

Diperkirakan The Fed akan menurunkan tingkat suku bunganya sebesar 100 basis point, namun dampaknya masih diperdebatkan, ada yang berpendapat bahwa tahun ini USD akan menguat dan ada pula yang memprediksikan bahwa USD akan melemah, well... let's see...

Berikut ini merupakan screen capture grafik yang saya ambil dari platform Metatrader ver 4.0 sebelum dan sesudah data diumumkan, dari beberapa pasangan mata uang, GBP/JPY mengalami fluktuasi yang paling besar, ya ngga heran juga sih wong Pound Sterling merupakan mata uang dengan value yang paling besar, jadi ada perubahan nilai sedikit saja pengaruhnya besar terhadap mata uang yang lainnya terutama Yen Jepang.

(Klik di sini untuk memperbesar gambar)

"Non-Farm Payrolls in the month of December shocked the financial markets by increasing only 18k, which is almost as bearish as negative job growth because the last time we saw levels worse than this was in August 2003 when the US economy shed 42k jobs. The US dollar fell 100 pips against the Japanese Yen in a blink of an eye and rallied by almost the same amount against the Euro." sumber: Daily FX

GBP/JPY: 216.75 - 213.61 = 314 points

USD/JPY: 109.51 - 107.89 = 162 points

GBP/USD: 1.9849 - 1.9710 = 139 points

EUR/JPY: 161.01 - 159.89 = 112 points

Bagaimana dengan anda? apakah pada peristiwa tersebut anda melakukan transaksi? bagaimana hasilnya apakah profit besar atau rugi besar :D ?

Semoga saja hasilnya bagi yang profit dapat gede dan yang loss pasang stop loss. Sukses for you...

Comments

Agus Mawardi said…
Sok fer semoga impianmu terwujud!!

Popular posts from this blog

Pulsa Telkomsel Terpotong Sendirinya - Lho Koq Bisa?

Pengalaman Menjadi Mystery Shopper

Paket Unlimited Dari Telkomsel Ada Yang Bagus - Ada Yang Ribet