Apa Itu Supermoon? dan Kapan Akan Terjadi Lagi?

Supermoon adalah kondisi dimana posisi bulan berada pada titik terdekat dengan bumi disebut dengan "perigee syzygy" sedangkan posisi terjauhnya dinamakan "Apogee". Nah pada saat berada di posisi terdekat inilah bulan akan tampak lebih besar dan lebih terang, walaupun sebenarnya tidak terlalu signifikan bila dibandingkan dengan bulan purnama pada umumnya.

Oya untuk mencapai kondisi yang disebut dengan supermoon ini, maka harus ada dua kondisi yang terjadi, pertama posisi bulan berada di titik terdekat dengan bumi dan kedua dalam keadaan bulan purnama. Kondisi sempurna "supermoon" ini menjadikan bulan tampak 14% lebih besar dan 30% lebih terang dari bulan purnama umumnya.

Kapan supermoon ini terjadinya? baru-baru ini supermoon ini telah terjadi kemarin, pada tanggal 3 Desember tahun 2017 sebelumnya juga terjadi pada tanggal 14 November 2016 apa efeknya pada bumi, yah pada dasarnya bumi lebih superior dari bulan maka yang terjadi ialah apa yang umumnya terjadi pada saat bulan purnama, yang paling umum diketahui adalah kenaikan permukaan air laut karena adanya tarik menarik gaya gravitasi antara bumi dengan bulan, namun kabarnya efek lebih besar diterima oleh bulan yaitu terjadinya gempa di bulan akibat "perigee syzygy" ini.

Hal lainnya adalah, kita bisa menikmati keindahan bulan dari fenomena ini, terlihat dari banyaknya foto yang diupdate dari seluruh dunia akan fenomena supermoon ini. Berikut ini beberapa foto hasil karya fotografer dari belahan dunia:

supermoon - sumber: simplycoloradophotography
supermoon - sumber simplycoloradophotography

Supermoon di Toronto Kanada
Supermoon di Toronto Kanada

Supermoon
Supermoon
Bila anda melewatkan Supermoon yang terjadi kemarin tanggal 3 Desember 2017, jangan khawatir, kondisi bulan ini akan terjadi kembali dalam waktu dekat, yaitu pada tanggal 2 Januari 2018 bahkan pada tanggal 31 Januari 2018 akan terjadi kondisi lengkap yaitu Supermoon, Full Moon dan Blue Moon, dimana cahaya bulan akan tampak berwana kebiru-biruan.

Namun kita baru akan dapat menikmatinya bila kondisi langit sedang cerah dan tidak terhalang oleh awan maupun mendung. Semoga saja diberi kesempatan untuk dapat melihat Supermoon ini kembali. Aamiin...

Comments

Popular posts from this blog

Just Dance Now, Game Seru Bermain Sambil Berolah Raga

Review Perbandingan Antara Iflix dengan Hooq

Pengalaman Menjadi Mystery Shopper