10 Macam Gangguan Yang Perlu Kamu Singkirkan Jika Ingin Sukses

Distraksi atau gangguan merupakan hal yang dapat mencegah seseorang untuk konsentrasi atau fokus, sehingga perhatiannya teralihkan pada hal yang lain. Proses pengalihan perhatian pada seseorang juga kelompok (team) dari harusnya fokus terhadap hal-hal yang penting kemudian menjadi teralihkan ke hal-hal yang tidak relevan.



Sukses memiliki arti yang berbeda-beda pada setiap orang. Seperti halnya kecantikan misalnya tergantung dari mata pemiliknya bagi si A mungkin cantik tapi belum tentu dengan si B. Menjadi tanggung jawab kita untuk menentukan apa artinya sukses bagi kita masing-masing. John Di Lemme, seorang pembicara motivasi (motivator) juga penulis buku mengatakan: "Saat seseorang tidak bisa menemukan arti makna yang mendalam, mereka teralihkan dikarenakan oleh kesenangan".

Berikut ini adalah 10 gangguan yang perlu kita singkirkan:

10. Tidak Punya Tujuan Hidup


Adalah tanggung jawab kita untuk memastikan arah dan tujuan hidup. Jika target kita super ambisius tapi kita tetap tidak punya tujuan hidup yang jelas jadi tidak ada artinya target tersebut. Intinya adalah untuk menjadi terbaik yang mampu kita lakukan. Hanya menjalani hidup tanpa amibisi atau tidak memberkan kontribusi yang berarti bagi komunitas (lingkungan) bukanlah hal yang baik.

9. Mengambil Jalan Pintas


Suatu fakta bahwa orang-orang sukses tidak mencari jalan yang mudah melalui hidup. Hanya menjalani jalan datar mengarungi kehidupan bukanlah formula yang baik untuk sukses. Kita perlu menantang diri sendiri setiap saat. Dorong dan rentangkan diri kita sampai ambang batas. Bidiklah untuk mencapai potensi maksimal dan jalanilah.


8. Takut Akan Kegagalan


Kita jangan merasa takut akan kegagalan. Bahkan seharusnya mampu menerima dan belajar dari setiap kegagalan yang terjadi. Saat anda berhasil mencapai kesuksesan, anda tahu bahwa anda selalu berusaha mencoba yang terbaik. Saat anda gagal hal itu bukanlah cerminan diri anda secara personal. Selalu lihat kegagalah sebagai peluang untuk berkembang dan bukanlah sebagai sesuatu yang ditakutkan.

7 Fokus Pada Hal-Hal Negatif


Dari waktu kewaktu terjadi hal-hal negatif terjadi diluar kendali anda, namun harus diingat bahwa anda dapat menjalaninya dengan sudut pandang positif. Jika anda ingin menggapai kesuksesan dalam hidup maka anda perlu berkonsentrasi pada hal-hal yang baik. Kalau tidak anda tidak akan pernah merasa puas karena anda akan begitu fokusnya pada kondisi yang tidak mengenakkan dalam hidup.

6. Berdalih Atau Mencari-Cari Alasan


Anda harus berhenti menyalahkan orang lain sebagai alasan mengapa anda tidak mendapatkan apa yang diinginkan. Berhenti menolak bertanggung jawab atas kesalahan-kesalahan anda. Anda sendiri yang membuat pilihan-pilihan tersebut. Orang-orang sukses tidak menyalahkan orang lain. Terkadang anda akan gagal, maka jangalah membuang waktu mencari pihak lain dengan mencari dalih atau alasan mengapa anda tidak menggapai kesuksesan.

5. Televisi


Televisi merupakan salah satu pengalih perhatian utama dalam kehidupan saat ini. Menghabiskan banyak waktu di depan televisi dapat menyebabkan anda hidup dalam dunia mimpi, hal itu akan membawa anda ke dalam dunia fantasi jauh dari realitas. Tv mengalihkan perhatian anda dan menjauhkan dari pekerjaan yang seharusnya dilakukan, pekerjaan-pekerjaan yang  sebenarnya memberikan kontribusi agar anda menjadi sukses.

4. Sosial Media (MedSos)


Sosial media merupakan bagian besar dari kehidupan kita sehari-hari saat ini. Medsos membantu kita merekatkan kembali hubungan saudara maupun teman jauh juga dengan teman-teman saat bersekolah dulu. Namun hal itu juga dapat menjadi gangguan besar, anda jadi tidak dapat berkonsentrasi pada pekerjaan lebih dari 10 menit tanpa menggangu diri anda dengan menggunakan sosial media. Saat ini kita berada dalam kultur dimana orang-orang mengharapkan respon/tanggapan instan. Jika seseorang mengirimkan pesan melalui Whatsapp misanya dan anda tidak membalasnya dalam waktu 10 maka si pegirim akan bertanya-tanya apakah anda baik-baik saja? Coba cek berapa kali dalam sehari anda mengecek akun media sosial? timeline dipenuhi dengan hal-hal yang menarik perhatian kita, ya karena memang di desain seperti itu agar betah berlama-lama disana.

3. Games (Permainan)


Terdapat ribuan permainan yang telah diperkenalkan yang kemudian menjadi hal yang menjadi penyebab perhatian menjadi teralihkan. Pernah dengar ada orang yang meninggal karena berhari-hari terus menerus bermain game? ya itu memang hal yang extrem, namun pada kenyataanya banyak dari kita yang terjebak bermain game berjam-jam tanpa henti sehingga menggangu produktivitas.

2. Salah Memilih Teman-Teman


Kecuali teman-teman anda memang mendukung anda sepenuhnya. Saat anda memasuki saat-saat yang kritis dalam hidup, sangat penting bahwa anda dikelilingi oleh orang-orang yang tepat. Juga sangat penting untuk menjauhkan teman yang "salah" dalam hidup anda, misalnya yang mengajak anda dalam keburukan atau orang-orang yang meremehkan bahkan menjatuhkan impian anda.

1. Pikiran yang Salah


Anda yang memegang kendali nasib anda sendiri, namun apa yang menentukan apakah anda akan berhasil atau tidaknya? Fokus anda yang menentukan. Anda dapat mengontrol pikiran anda atau pikiran yang mengontrol anda keduanya bisa terjadi. "Saya tidak cukup bagus", "Saya akan selalu menjadi pecundang", hal ini akan terjadi pada diri anda apabila pikiran yang mengendalikan anda. "Saya Kuat", "Saya Percaya Diri dan disiplin", "Saya adalah pemenang", "Saya pantas untuk sukses dan meraih yang terbaik dalam hidup". Inilah hal-hal yang ada dalam pikiran saat anda yang memegang kendali pikiran anda.

Comments

Popular posts from this blog

Just Dance Now, Game Seru Bermain Sambil Berolah Raga

Review Perbandingan Antara Iflix dengan Hooq

Pengalaman Menjadi Mystery Shopper