Resolusi Tahun 2018 Menurunkan Lemak Tubuh (Body Fat) Sebesar 10% Biar Pinggang Tidak Terlalu Melebar :D

Walaupun tanggal 1 Januarinya sudah lewat seminggu lebih, tapi seperti kebanyakan orang umumnya membuat resolusi dengan membuat target apa saja yang ingin di capai pada tahun ini.

Salah satu resolusi saya di tahun 2018 ini adalah turun berat badan juga turun persentase lemaknya yang saat ini bertengger di angka 25-26% dengan berat badan rata-rata saat ini yang mencapai 80 Kg berarti berat lemak tubuhnya sebesar 20-21 Kg dan kalau diukur dengan Body Mass Index atau BMI berada dalam kisaran "Kegemukan".

Beberapa hari kemarin saya mengikuti sebuah webinar yaitu berupa seminar yang diselenggarakan secara online oleh salah seorang motivator. Dia  memberikan masukkan bahwa untuk membuat resolusi agar tidak seperti kebanyakan orang juga, resolusi ya resolusi hasilnya sama saja dengan tahun-tahun sebelumnya ;)  adalah dengan menguraikannya, yaitu target tahunan, bulanan, mingguan dan harian kemudian menuliskannya dan melakukannya tentu saja.

Dengan menguraikan target sampai dengan harian tentu saja akan nampak lebih mudah dan mendorong mental kita agar dapat menyadari bahwa hal tersebut dapat dilakukan.

Misalkan di tahun ini saya menargetkan turun lemak tubuh dari 25% saat ini ke 15% berarti dalam satu bulan targetnya hanya turun kurang dari 1% saja kan. Namun tentu saja seperti kebanyakan kita, yang paling sulit untuk melakukan hal ini adalah "Konsistensi" biasanya kan hanya semangat di awalnya saja alias hangat-hangat tahi ayam hehe...

Untuk mengatasi hal tersebut maka perlu menuliskan target dan tahapan-tahapan mana saja yang sudah dilewati. Nah menuliskan hal tersebut bisa di media mana saja asal jangan cuma di ingat-ingat saja karena kemungkinan besar akan lupa. Media yang paling mudah tentu saja dengan menuliskannya di kertas atau di buku catatan. Namun di zaman serba digital saat ini kita semakin dimudahkan untuk melakukan pencatatan-pencatatan progress dengan menggunakan berbagai macam aplikasi di smartphone kita.

Contohnya pada target saya tadi, saya menggunakan sebuah aplikasi yang bernama "Home Workout" yang bisa di download dan di install secara gratis di Android Playstore karena saya menggunakan perangkat beroperating system android. Di aplikasi tersebut terdapat berbagai macam olah raga yang dapat dilakukan di rumah tanpa menggunakan alat-alat. Sangat cocok buat anda yang super sibuk dan gak ada waktu buat pergi ke Gym atau tempat Fitness juga waktunya sangat singkat hanya kurang dari 10 menit per sesinya namun whew... lumayan cape juga karena waktu rehatnya rata-rata kurang dari 30 detik saja per gerakannya, jadi bisa dibilang olah raga ini termasuk ke dalam High Intensity Interval Training atau HIIT yang konon kabarnya dapat membakar lemak dengan lebih efektif.

Oya kebetulan saya sempat membuat rekaman dan sedikit mengeditnya bagaimana berjalannya aplikasi ini dan sudah saya unggah juga ke Youtube. Seperti inilah penampakanya aplikasi Home Workout tersebut:


Home Workout - Full Body Challenge



Home Workout - Latihan Dada Untuk Pemula



Latihan Otot Bahu dan Punggung untuk Pemula

Dengan adanya aplikasi tersebut dapat memudahkan saya dalam berolahraga yang bertujuan memenuhi target menurunkan lemak tubuh tadi, atau bisa saja berlatihnya sambil menonton video ini, soalnya backgroundnya dibuat agar bisa lebih bersemangat saat berlatihnya :D

Selamat Berolahraga....

Comments

Popular posts from this blog

Just Dance Now, Game Seru Bermain Sambil Berolah Raga

Review Perbandingan Antara Iflix dengan Hooq

Pengalaman Menjadi Mystery Shopper