Kurang Berolahraga Dapat Mengakibatkan Mengecilnya Ukuran Otak Anda

Saat anda berhenti berolahraga, otak anda akan sangat terpengaruh. Mengurangi olah raga dapat memperlambat aliran darah menuju 8 area di dalam otak anda. Salah satu bagian yang terkena pengaruhnya yaitu bernama hippocampus, yang bertanggung jawab dalam pembentukan daya ingat, penyimpanan ingatan dan pengambilan ingatan, yah seperti hardisk dalam komputer kita ;)

olahraga maraton
Olahraga Lari. Photo by Mateusz Dach from Pexels
Dalam waktu 10 tahun, anda akan dapat melihat pengurangan volume (besarnya) otak anda, namun pengurangan volume otak ini tidak diikuti dengan peningkatan kepadatan neuron (sel-sel syaraf). Pengerutan ukuran otak ini pada akhirnya menyebabkan terjadinya penurunan mental, misalnya sering linglung, lupa ingatan dan lain-lain.

Kurangnya berolahraga juga meningkatkan resiko penyakit neurodegeneratif, seperti penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson seperti yang diderita oleh petinju legendaris yaitu Muhammad Ali.

Beraktivitas selama 150 menit dengan melakukan olah raga aerobik intensitas sedang dalam waktu satu minggu sangat disarankan berarti sekitar 30 menit per hari, atau setidaknya melakukan olahraga aerobik intensitas tinggi selama 75 menit dalam waktu 1 minggu atau sekitar 15 menit per hari.

Selamat Berolahraga :)

Sumber konten: Channel Hashem Al-Ghaili


Comments

Popular posts from this blog

Just Dance Now, Game Seru Bermain Sambil Berolah Raga

Pengalaman Menjadi Mystery Shopper

Review Perbandingan Antara Iflix dengan Hooq