Tips Sukses Trading Forex Atau Saham Menurut Seorang Trader Professional

Beberapa waktu yang lalu saya melihat sebuah video berdurasi pendek di Youtube, sebuah video wawancara singkat dengan nara sumbernya bernama Chris Cathey. Ia pernah bekerja bertahun tahun di perusahaan keuangan raksasa bernama Goldman Sach dengan fortopolio yang sangat besar tentu saja.

Dalam wawancara tersebut dia diminta pendapatnya mengenai pengendalian emosi dan resiko dalam trading. Menurutnya salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh trader sukses adalah penguasaan emosi dan manajemen resiko. 

Pengendalian Emosi


Inilah rangkuman percakapan wawancaranya: "Anda harus mampu untuk menurunkan dan meningkatkan resiko dengan sebaik-baiknya, dan membuat keputusan  dan tindaan dengan benar pada waktu yang tepat.

Dan kesemuanya itu hanya dapat dilakukan bila anda bersikap objektif, jika anda membiarkan emosi datang saat trading, maka akhirnya trading tidak akan menghasilkan keuntungan, karena sebagai manusia maka secara alamiah akan segera mengambil keuntungan terlalu cepat dan memotong kerugian dengan lambat.

Agar sasaran tersebut bisa dilalui (berhasil) hanya dapat dilakukan melalui suatu proses yaitu dengan trading menggunakan uang anda sendiri atau menggunakan uang orang lain anda tidak dapat melalui ini dengan demo trading, "you need to have some skin in the game" artinya menggunakan uang milik sendiri, maka dengan demikian anda akan dapat merasakan emosi saat anda kehilangan uang atau menghasilkan uang.

Saat anda menghasilkan uang biasanya jadi berlebihan atau menjadi over confident dan merasa rendah saat anda kehilangan uang kita harus bisa mengendalikan "roller coaster" tersebut. 


Hal berikutnya untuk memastikan keberhasilan anda adalah manajemen resiko, untuk dapat menghasilkan yang terbaik dari trading anda, maksudnya memaksimalkan keuntungan anda dan segera menutup posisi yang rugi, baik itu misalnya kena stop loss nya maka anda harus dalam keadaan tidak emosi (kesal atau marah), bila terjadi maka akuilah pada diri sendiri bahwa posisi tersebut salah dan hal tersebut cukup sulit sebenarnya, namun anda harus dapat melalui hal itu. 

Berikut ini adalah videonya:


Comments

Popular posts from this blog

Just Dance Now, Game Seru Bermain Sambil Berolah Raga

Review Perbandingan Antara Iflix dengan Hooq

Pengalaman Menjadi Mystery Shopper