Pengalaman Migrasi Dari Kartu Telkomsel Simpati ke Kartu Halo Kick Start

Proses Migrasi dari Kartu Simpati ke Kartu Halo Telkomsel

Kemarin ada telepon masuk dari 188 Customer Care Telkomsel, ternyata yang nelpon dari bagian telemarketingnya, menawarkan untuk migrasi dari Simpati yang saat ini saya pakai ke Kartu Halo.

Paket Kartu Halo yang ditawarkan yaitu paket kartu Halo Kick Start 60 ribu, dengan mendapatkan fasilitas kuota data sebesar 10 GB, Hmmm.... lumayan juga sih pikir saya, lalu setelah saya tanya-tanya, kemudian saya setuju untuk dilakukan migrasi ke kartu Halo tersebut. Prosesnya yaitu dengan memberikan data-data no KTP, Kartu Keluarga dan alamat lengkap.

Prosesnya cukup cepat, dari waktu yang dijanjikan selama 3x24 jam, prosesnya selesai sampai saya resmi beralih ke Halo Telkomsel dan mendapat kuota data yang dijanjikan kurang lebih hanya sekitar 1 jam saja.

Namun...., ada rasa kecewa setelah saya beralih ke Kartu Halo tersebut, awalnya saya menolak karena mau membaca dulu seperti syarat dan ketentuan (term and condition) seperti apa dll, namun telemarketing tersebut membujuk saya agar melakukan registrasi saat itu juga, ya sudahlah, mungkin dia juga sedang dikejar target, jadi apa salahnya membantu dia agar bisa memenuhi targetnya itu, toh lumayan juga kuota 10 GB tanpa adanya pembagian dan bisa digunakan secara nasional (bukan lokal area).

Nah kecewanya saat mengetahui ternyata kuota data yang diberikan itu tidak full kuota data sebesar 10 GB seperti yang dijanjikan, namun terbagi-bagi menjadi seperti ini: 



ya sebenarnya gak salah juga sih, kuota data yang diberikan memang sebesar 10 GB, eh 11 GB malahan, namun masalahnya di dalamnya itu ada kuota "entertainment" sebesar 5 GB. Kuota entertainment ini bagi saya tidak berguna/useless karena saya jarang menonton di Hooq atau Viu. Kemudian dibagi lagi ke "internet promo" sebesar 4 GB. Yang namanya promo tentu saja ada masa berlakunya, dan setelah saya browsing ternyata berlaku hanya selama 6 bulan saja, setelah itu tidak dapat lagi. Parahnya lagi di dalamnya tadi kan ada berlangganan Hooq dan Viu, ternyata hanya berlaku sampai bulan maret 2019 saja, setelah itu harus membayar biaya berlangganan sebesar  45 ribu kalau mau tetap dapat menonton di Hooq atau Viu...huffft.... SMS dan telpon sangat jarang sekali digunakan karena sudah tergantikan oleh aplikasi Whatsapp.

Jadi nantinya setelah 6 bulan quota data yang saya bisa gunakan hanya sebesar 2 GB saja, karena internet promonya sudah berakhir dan kuota entertainment juga tidak terpakai.


Pembagian Kuota Data Kartu Halo Kick Start


Sangat jauh sekali dengan paket yang biasa saya gunakan yaitu paket discovery (klo gak salah namanya) dengan harga sebesar 80 ribu rupiah, mendapatkan kuota data sebesar 30 GB dengan pembagian sebagai berikut:

Local Data 4G: 5 GB
Local Data 2G, 3G, 4G: 1,5 GB
Flash: 500 MB
Flash Midnight (jam 00.00 - 06.59): 13 GB
Video Max: 10 GB (sudah termasuk berlangganan Hooq dan Viu)

jadi di paket discovery itu dapat total kuota data sebesar 30 GB, kekurangannya hanya di flash yang kuotanya 500 MB, jadi kalau keluar kota lebih dari sehari, biasanya harus nambah kuota data flash lainnya.


Speedtest Antara Kartu Halo dengan Simpati


Ada hal lainnya, telemarketing tadi mengatakan bahwa pengguna kartu Halo mendapatkan jaringan prioritas, jadi diutamakan dahulu kecepatannya dibandingkan dengan pengguna kartu prabayar. Penasaran juga dong, lalu dicobalah dengan menggunakan aplikasi Speedtest menggunakan kartu Halo saya tersebut dengan kartu Simpati yang yang lain, dan hasilnya:


Speedtest Kartu Halo
Speedtest Kartu Halo


Speedtest dengan kartu Simpati
Speedtest dengan kartu Simpati

Hasilnya tidak ada perbedaan yang signifikan antara kecepetan menggunakan kartu Halo atau Simpati, di lain waktu pernah juga saya mendapatkan kecepatan download sebesar 35 Mbps sebelum mingrasi ke kartu Halo, jadi menurut opini saya, dalam hal kehandalan jaringan, Telkomsel bisa diandalkan kemana-mana selalu dapat sinyal 4G dengan kekuatan yang bagus dan kecepatannya pun stabil. Namun untuk perbedaan kecepatan antara Kartu Halo dan Simpati tidak ada bedanya.

Sebenarnya saya sudah pernah kecewa dengan penawaran-penawaran melalui telemarketing seperti ini, sebelumnya saya pernah kecewa dengan asuransi yang saya ambil melalui telemarketing, karena saat penjelasaannya itu tidak detail dan hanya mereka saja yang punya rekamannya. Setelah kejadian ini sepertinya gak akan pernah mengambil penawaran apapun dari telemarketing.


Update:

Barusan saya menghubungi Call Center Telkomsel di 188, dan menjelaskan perihal paket tersebut. Ternyata...

  • Internet promo yang sebesar 4 GB tidak bisa dipastikan kapan promo tersebut akan berakhir, bisa sebulan atau dua bulan pokoknya tidak bisa dipastikan.
  • promo Tcash sebesar 25 ribu hanya berlaku untuk pelanggan baru Kartu Halo, jadi kalau prosesnya migrasi dari Simpati ke Kartu halo seperti saya tidak berlaku.
  • Kuota Entertainment untuk menonton Hooq tidak bisa langsung dipakai, jadi terpisah ada biaya berlangganan lagi sebesar 45 ribu per bulan. Hmmm.... pantesan sekarang film-film di Hooq jadi terkunci, padahal sebelumnya terbuka. Namun khusus untuk Viu mendapatkan promo akses premium selama 90 hari.

Daftar film-film di Hooq jadi terkunci
Daftar film-film di Hooq jadi terkunci

Dapat premium akses di VIU selama 90 hari
Dapat premium akses di VIU selama 90 hari

Kesimpulan: 

Oke lah, selama kuota promonya masih dapat, mungkin akan coba bertahan dulu, kalau sudah berakhir, mendingan di tutup saja nih kartu.

Kesimpulannya, menggunakan paket yang ada di Kartu Simpati jauh lebih menguntungkan dibandingkan dengan Kartu Halo, tersedia paket-paket yang dapat di pilih mulai dari harian, mingguan dan bulanan dengan berbagai opsi/pilihan. 

Umumnya orang yang menggunakan Kartu Halo beralasan tidak usah khawatir kehabisan pulsa, hal ini mungkin bisa cocok beberapa tahun ke belakang, namun sekarang pulsa bisa didapatkan kapanpun tanpa harus membeli di konter pulsa ataupun minimarket. Beli pulsa bisa dilakukan dengan cepat dan mudah melalui aplikasi seperti Tokopedia, Bukalapak, OVO, Ayopop atau melalui Internet Banking.

Kalau ditanya, apakah anda akan merekomendasikan kartu Halo ini kepada orang lain, dalam skala 1-10, 1 sangat tidak menyarankan dan 10 sangat menyarankan, saya akan memilih 2 saja. Yah begitulah, kalau anda dapat penawaran seperti itu sebaiknya dipikirkan baik-baik, semoga bermanfaat...


Comments

Popular posts from this blog

Review Perbandingan Antara Iflix dengan Hooq

Pengalaman Menjadi Mystery Shopper

Kejadian Memalukan di Pintu Gardu Tol Otomatis (GTO)