Stadia, Platform Gaming Masa Depan

Kemarin saya lihat di Youtube Global trending bagian what's new, ada nongol thumbnail gambarnya seperti controller buat gaming judulnya "Stadia". Oooh ternyata beberapa hari yang lalu Google mengumumkan produk terbarunya berupa platform gaming yang belum pernah ada sebelumnya, dan diberi nama Stadia.

Proses Grafis GPU di Stadia Data Center Lebih kuat dibandingkan dengan PS4 maupun Xbox One X
Proses Grafis GPU di Stadia Data Center Lebih kuat dibandingkan dengan PS4 maupun Xbox One X

Jadi Stadia ini bukanlah platform gaming console seperti Playstation maupun XBox yang harga terbarunya lumayan mahal yah... tapi dia berupa "pusat data center cloud" yang mengelola proses gamingnya berjalan, dan kita sebagai user nantinya tinggal memainkannya hanya dengan menggunakan browser Chrome.

Browser chrome dari mana saja terserah, apa dari PC yang kita punya sekarang, dari perangkat HP, melalui SmartTV, bahkan dari TV biasa saja juga bisa tapi dengan perangkat tambahan berupa Chromecast yang dimana TV biasa bisa menjadi Smart TV.

Namun sampai dengan saat ini Stadia masih belum dirilis secara resmi, yang kemarin itu hanya perkenalannya saja, kabarnya akan dirilis tahun 2019 ini dengan cakupan US, Canada, UK dan Eropa saja dalam peluncuran perdananya nanti.

Yah... harapannya nantinya kita pun bisa menikmati pengalaman gaming yang baru, tanpa pusing harus beli konsol game seperti PS4, Xbox One maupun Komputer Gaming Spek Dewa yang harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah. Tapi itu pun kalau didukung oleh berbagai developer game yang ada, soalnya game-game tertentu ekslusif hanya ada di konsol tertentu, misalnya game Gran Turismo hanya ada di platform Playstation, begitupun dengan Xbox juga mempunya game-game yang eksklusif hanya ada di platform tersebut.

Kemudian berapa kecepatan internet yang dibutuhkan untuk memainkannya juga belum ada spek minimum yang resmi, tadi saya coba akses stadia.com, yang muncul malah produk Chromecast, atau memang selain US, Canada, UK dan Eropa, memang belum di targetkan.

Sepertinya Stadia ini akan tersedia nantinya dalam format subscription, atau berlangganan. yah, gak apa-apa lah, kalau beli game satu-satu kan mahal juga belum lagi kalau bosen pengen coba game-game yang lain hehe...
Ok deh ditunggu saja kedatangannya disini, dan semoga sudah lebih sempurna lagi nantinya, biarlah US, Canada dan lain-lain jadi kelinci percobaannya :D

Kalau mau lihat ringkasan acara pengumuman produk Google Stadia bisa dilihat disini:


Comments

Popular posts from this blog

Just Dance Now, Game Seru Bermain Sambil Berolah Raga

Pengalaman Menjadi Mystery Shopper

Review Perbandingan Antara Iflix dengan Hooq