Review Pengalaman Setelah Menggunakan By U - Provider Serba Digital Pertama di Indonesia

 By U, dengan slogannya "Provider serba digital pertama di Indonesia" gak tau tuh maksudnya apaan :D

Pertama kali tau By U ini dari iklannya yang berseliweran di timeline Facebook dan Instagram. Lama-lama penasaran juga nih apaan tuh si Bayu eh By U?


Ternyata By U ini merupakan Internet Service Provider (ISP) yang katanya menggunakan jaringan Telkomsel. Tapi gak ngerti juga sih, apakah ini merupakan bagian dari Telkomsel, anak perusahaannya atau cuma nebeng jaringan aja atau gimana sebenarnya?

Katanya sih bisa pilih paket suka-suka dengan variasi harga paket yang "murah meriah". Di Playstore kebanyakan komennya sih positif, yang komen negatif juga ada sih, tapi lebih banyak positifnya, yah... karena social proof ini lah saya penasaran juga pengen coba.

Pemesanan SIM cardya ini katanya bisa dikirimkan ke rumah gratis ongkir, atau bisa kita ambil di Indomaret terdekat dari rumah kita. Wah bagus juga tuh... Saya coba deh pesan.

Setelah menginstall aplikasinya di Playstore karena saya pake OS Android, kita diminta untuk memilih nomor yang disukai, jadi sebenarnya gak milih sendiri nomor yang diinginkan, tapi kita diberi pilihan beberapa nomor yang disediakan, kalo gak salah sih ada 5 nomor pilihan dan akan berganti setiap 5 menit.

Setelah memilih nomor, kita diminta untuk memilih kuota utama dan kuota topping. Untuk kuota utama saya pilih yang 3 GB untuk tiga hari seharga Rp 15.000,- dan kuota toppingnya yang sosmed. Kemudian untuk pengirimannya saya pilih ambil di Indomaret terdekat saja, soalnya kalau dikirim ke rumah, walaupun free ongkir kemungkinannya mungkin bisa sampe 1-2 hari, kelamaan pengennya cepet langsung jadi hehe...

Dan benar saja di Indomaret kartu kita bisa langsung disiapkan oleh kasir di Indomaretnya setelah kita memperlihatkan kode pemesanan dan melakukan pembayaran. Sedangkan untuk aktivasinya kita diminta untuk mengisi no KTP dan no Kartu Keluarga, setelah itu langsung bisa dipake internetan, mantabh juga nih...

Oke sekarang Review nya, yups, kualitas jaringannya 11-12 dengan Telkomsel. Jadi klo jaringan Telkomsel di daerah kita bagus, ya pake si By U ini juga sama bagusnya. Tapi, kalo kita lagi di daerah yang jaringan Telkomselnya payah ya sama juga si By U nya ikutan lemot.

Barusan saya cek di website By U nya, ternyata dia merupakan bagian dari Telkomsel, nah disini saya jadi bingung juga, kalo begini si By U ini bisa jadi "Telkomsel Killer" dunk. Dengan kualitas jaringan yang sama dengan harga lebih murah. Gila gak sih?

Setelah habis yang kuota utama tadi saya tambah lagi paket yang 10 GB seharga 10 ribu rupiah dengan batas waktu 1x24 jam. Saya coba hajar habis-habisan pake download-download film dan lain sebagainya dan akhirnya kepake dunk itu kuotanya sampe habis, yang berarti kualitas jaringannya bisa diandalkan.

Kemudian saya coba lagi test kuota "unlimited" seharga Rp 30.000 untuk satu minggu dengan bandwidth cuma 1 Mbps . Saat itu kuota unlimited masih ada, namun sayang saat ini paket unlimited sudah tidak ada.

Nah dengan kuota unlimited ini dia selalu dapat Maximum bandwidht nya karena yah emang cuma 1 Mbps kan, tapi dengan kecepatan segitu juga udah cukup koq buat browsing-browsing walaupun lebih lambat dari biasanya, nonton youtube juga dengan kualitas SD lancar jaya, klo mau HD atau Full HD pun masih bisa cuma harus buffering dulu sebentar baru selanjutnya lancar, kalau pengen mau nonton Youtube HD atau Full HD lancar jaya ya di download aja dulu video yang mau ditontonnya. Tapi kalau mau nonton Netflix sih agak berat yah bahkan jika di unduh terlebih dahulu film yang mau ditonton seringnya gagal, jadi buat nonton Netflix gak bisa diandalkan yang "unlimited" ini. Tapi kalau pake kuotanya yang reguler pasti bisa lancar jaya.

Setelah habis waktunya yang unlimited selama satu minggu tadi, saya beli lagi, kali ini ambil yang unlimited satu bulan seharga Rp 100.000,- karena ternyata bisa diandalkan buat zoom meeting juga lho... di rumah saya pake Indihome, nah waktu di awal-awal penetapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) orang-orang pasti banyak yang melakukan aktivitas meeting online, misalnya Zoom, Skype, Net Meeting, Webex dll... sehingga si Indihome sering kali di saat-saat paling diperlukan, dia drop koneksinya, jadi kita sering kali switch jaringan dari Indihome ke By U, kalo si By U kewalahan di Unlimitednya, sering saya Top Up pake paket Topping yang 10 GB 1x24 jam. 

Nah si By U ini SIM Card nya ini saya pasang di Tablet yang udah jarang dipake, lalu dijadikan hot spot wifi, dan tersambung ke beberapa gadget sekaligus, dan hasilnya.... kepake banget. Teerutama saat bepergian ke rumah mertua yang gak ada wifinya, si By U ini jadi koneksi internet yang utama buat anak-anak, karena mereka banyaknya maen game online yang walaupun gak butuh kenceng tapi steady alias terus terusan kepake datanya.

Alhasil dalam satu bulan pemakaian si By U ini sudah terpakai lebih dari 100 GB, yah... bukan semuanya unlimited sih tapi beberapa kali di top up yang kuota 10 GB 1x24 jam Rp 10.000,-

Kelebihannya: By U ini menggunakan jaringan Telkomsel yang terbukti tangguh, yah... walaupun waktu awal-awal PSBB sama sempat nge drop juga sih, tanya ke teman yang kerja di Telkomsel jawabnya memang saat itu beban trafik lagi tinggi-tingginya. Tapi syukur deh sekarang sudah lancar jaya lagi, mungkin kapasitasnya di tambah, soalnya saya sempat khawatir juga akan kualitas jaringan waktu Telkom dan Telkomsel membuka blokir Netflix, pasti bebannya bertambah takutnya nge drop lagi, ternyata normal-normal aja cuma yah... dulu bisa dapet 35 Mbps, sekarang rata-rata cuma dapet sekitar 10 Mbps.

Kelebihan lainnya, harganya itu lho... murah banget, terutama paket unlimitednya yang sayangnya sekarang sudah tidak ada lagi. Paket yang paling worth it menurut saya sekarang cuma yang kuota reguler 10 GB 1x24 jam Rp 10.000,- paket lainnya sama sekali biasa aja menurut saya, lalu bagusnya lagi 1x24 jam nya ini beneran. Jadi maksudnya jika paketnya diaktifkan jam 9 pagi, maka akan berakhir jam 9 pagi lagi keesokan harinya. Kalo Operator lain biasanya berakhir di jam 23.59. 

Tapi.... ada juga kekurangannya, yaitu paket toppingnya, ngga banget deh... jadi seperti berlawanan dengan slogan di depannya anti ribet, kuota tidak dibagi-bagi, bla...bla...bla... nah ini si paket toppingnya itu banyak banget ragamnya.

Misalnya untuk video dibagi-bagi: ada Vidio, Viu, Youtube. Kuota Sosmed dibagi-bagi ada Twitter, Instagram dan Whatsapp. Dulu sih klo gak salah ada Facebook, sekarang koq malah gak ada sih...

Nah parahnya, si By U ini gak pinter untuk milah-milah kuota mana yang duluan dipake. Contoh kasus, waktu masih aktif paket unlimitednya, saya beli buat nyoba paket Youtube dengen kuota 100 GB sehari seharga Rp 10.000,- dan ternyata gak bisa dipake, soalnya dia pake dulu kuota utamanya, kalau kuota utamanya sudah habis baru dipake topping nya, kan ngeselin banget, mana gak bisa diganti.

Kalau operator sebelah (ah bilang aja Axis), si paketnya pinter, misal kita pilih berbagai macam paket. Paket Video (bisa buat Youtube, Netflix dll), Paket Sosmed (bisa buat Facebook, Instagram, Twitter dan Tik Tok). Nah dia pinter kuota mana yang dipake, misal saat buka Facebook yang terpakai kuota sosmed, saat nonton youtube atau Netflix yang terpakai kuota videonya dengan harga yang cukup murah. Namun kekurangannya, jaringannya yang terbatas, entah kenapa walaupun sinyal ful bar tapi koneksinya terbatas (hanya bagus di area tertentu saja).

Verdict: Cukup bagus, dengan jaringan yang sudah teruji yaitu Telkomsel dan harga paket kuota yang relatif lebih murah. By U ini akan tetap saya pertahankan, sebagai backup tentunya.



Comments

Popular posts from this blog

Just Dance Now, Game Seru Bermain Sambil Berolah Raga

Review Perbandingan Antara Iflix dengan Hooq

Pengalaman Menjadi Mystery Shopper