Wah... Mantabh Nih, Paket Unlimited By.U Kini Menjadi Lebih Cepat

 Saya terkadang menggunakan internet service provider (ISP) By U sebagai backup/cadangan dari internet fixed line Indihome dari Telkom. Terutama kalau pergi-pergi misalnya ke rumah mertua yang gak ada sambungan fixed line internet di sana. Anak-anak zaman sekarang rakus kuota karena mereka banyak mengakses konten multimedia terutama video dari youtube, tiktok, instagram dan lain-lain.

Biasanya mereka minta hotspot/teathering internet dari saya atau mamanya, tapi dengan adanya ByU, kini mereka dapat mengakses internet dengan leluasa, tanpa saya merasa khawatir kalau kuota internet saya cepat habis karena di hotspot ke gadget anak-anak.


Seperti yang pernah saya ulas sebelumnya, bahwa ByU ini milik Telkomsel, sehingga ia menggunakan infrastruktur yang sama dengan Telkomsel yang terkenal dengan kehandalan jaringannya yang lebih merata coveragenya.

Awalnya si ByU ini memiliki layanan internet unlimited yang sangat murah yaitu Rp 30.000 untuk layanan selama 7 hari namun kecepatannya hanya 1 Mbps. Zaman sekarang speed 1 Mbps bisa buat apa? paling browsing-browsing berupa teks dan gambar sih masih oke yah, tapi klo video? wah... kelabakan tentunya hehe...

Setelah sebulan lebih tidak menggunakan ByU ini, tiba-tiba saya perlu koneksi internet cadangan karena akhir-akhir ini kualitas Indihome parah banget, ngedrop gak jelas, kadang nyambung, seringnya sih ngga... lagi download, tiba-tiba serperti diputus jaringannya, jadi si download yang udah tinggal 50 MB dari 500 MB jadi harus diulang lagi, karena tidak bisa dilanjutkan, atau parahnya saat nonton youtube pun dia tiba-tiba putus koneksinya jadi muter-muter terus tuh iconnya.

Kuota Telkomsel saya terbatas, sedangkan masa billing cycle nya masih lumayan lama, gak akan cukup klo semua aktivitas mengandalkan kuota Tsel. Ya sudah dicoba cek By.U. 

Ternyata speednya sudah naik jadi 1,5 Mbps wah... bagus nih, 1 Mbps juga sebenarnya udah cukup sih untuk aktivitas ringan, tanpa video, apalagi klo 1,5 Mbps :D

Saya pakai seminggu, lumayan koneksi stabil walaupun yah... lemot klo buka konten video, selain itu cukup bagus. Nah, minggu kemarin saya coba lagi eh ternyata speednya naik lagi jadi 2 Mbps. Yay....



Sebelum kita order paket unlimitednya ada semacam disclaimer bahwa kecepatan akan "disesuaikan" menjadi 2 Mbps. Jadi maksudnya klo udah ada paket ini jangan beli atau daftar paket topping seperti topping kuota youtube atau sosmed, soalnya yang dipake utama adalah paket unlimitednya yang cuma 2 Mbps itu dan topping-an jadi gak kepake nantinya. Trus ada keterangan lagi "Streaming dan belajar online tetep aman koq". Pernyataan seperti ini "aman", maksudnya memang iya streaming dan belajar online masih bisa berjalan lancar.



Namun, apakah ini hanya promo saja dengan periode waktu tertentu? soalnya di websitenya si ByU ini di bagian pilihan unlimitednya hanya 1,5 Mbps saja. Saya harap sih gak cuma promo ya, tapi tetap diteruskan, bahkan yang paling oke sih klo bisa minimal 10 Mbps, biar nonton Netflix misalnya dengan kualitas HD bisa dilakukan :D Kalau sekarang ini dengan kecepatan 2 Mbps nonton di youtube aman ya dengan kualitas standar saja, bahkan kualitas HD 720P pun dia masih "ngangkat" walaupun ada buffering dulu sekitar beberapa detik. Namun masalahnya kalau bukan pengguna youtube premium biasanya kepotong iklan di tengah-tengah, ini yang ngeselin.... setelah iklah selesai tayang, videonya harus proses buffering lagi beberapa detik (sekitar 10-20) detik-an, baru dilanjutkan lagi.

di websitenya paket unlimited cuma 1,5 Mbps

Overall review By.U kali ini cukup puas, bisa diandalkan... ada beberapa provider lain dengan layanan serupa, tapi setahu saya gak ada yang seperti ini dengan taglinenya "provider digital" seperti Live On dari XL maupun Swith dll. Baguslah,, semoga mereka bisa semakin meningkatkan pelayanannya, maka kita sebagai konsumen nanti yang akan mendapatkan keuntungannya bisa memilih yang seusai dengan kebutuhan.

Comments

Popular posts from this blog

Just Dance Now, Game Seru Bermain Sambil Berolah Raga

Pengalaman Menjadi Mystery Shopper

Review Perbandingan Antara Iflix dengan Hooq