Yay... Dapet Paket Unlimited Telkomsel Lagi

Penawaran Paket Unlimited Melalui SMS

Beberapa hari yang lalu sekilas liat notifikasi sms di hp ada penawaran paket unlimited dari Telkomsel, saya sempat bacanya hampir lewat jam 12 malam padahal sms nya sekitar jam 7 malam. Isinya penawaran paket internet unlimited Telkomsel 4G untuk 7 hari dengan harga Rp 10.000.

Penawaran Paket Unlimited Telkomsel melalui SMS


Wow... boleh juga nih apalagi internet di rumah pake Indihome lagi ancur-ancurnya, masa paket 20 Mbps dapetnya cuma 0,6 Mbps Haizzzz.... ya udah langsung disambar aja penawarannya, takutnya kalau udah lewat jam 12 malam penawarannya tidak berlaku lagi, karena gak ada pulsanya jadi diisi dulu pake ovo 15 ribu aja udah cukup kan.

Saya gak tau apa maksud Telkomsel melakukan penawaran seperti ini, yang jelas tidak semua nomor dapat kan... kalau dari segi bisnis, anomali banget kan, biasa paket mahal, nah ini murahnya kebangetan hehe...

Analisis (opini) saya sih kayaknya Telkomsel lagi test pasar, kalau dikasih paket yang unlimited bakal dipake apa aja sama penggunanya dan ngabisin data berapa banyak dalam waktu tertentu, sehingga mereka nantinya bisa menyesuaikan apabila keluar produk paket internet "REAL" unlimited harganya berapa gitu...


Kalau yang sekarang ada resmi di websitenya sih, adanya paket Unlimited Max, jadi kuota realnya gak unlimited, tapi masih pake sistem kuota mulai dari 15 GB dengan harga 100 ribu rupiah sampai dengan kuota 150 GB dengan harga 550 ribu rupiah, gilee.... terus unlimitednya dimana? unlimitednya untuk aplikasi-aplikasi tertentu saja, misalnya app Maxstreem, Disney plus, whatsapp, line,  shopee, tokopedia, lazada, HBO dan lain-lain. Jadi gak unlimited yang sesungguhnya gitu...

Nah paket yang saya dapatkan tadi itu real unlimited, dipakai aplikasi apapun juga bisa, misalnya Youtube, Netflix dan semua pemakaian data internet apapun. Mantabh...

Walaupun katanya dapat 7 hari, tapi realnya sih cuma 6 hari ya, soalnya beberapa menit kemudian sudah berganti hari tuh, Telkomsel kan hitungannya tanggal. Kalau di By.U hitungannya jam (lebih fair sih itu).

Uji Coba

Langkah selanjutnya setelah berhasil mengaktifkan paket tersebut adalah mencoba kecepatannya, apakah sama seperti biasa atau lemot seperti kata orang-orang yang dapat paket unlimited seperti ini katanya sih kecepatannya lelet gitu...

Yang saya lakukan adalah mengetes kecepatannya menggunakan aplikasi speedtest, dan hasilnya seperti ini: 

Speedtest Telkomsel

Hasilnya yaa... gak bisa komplain lah, dengan kecepatan download kurang lebih 30 Mbps dan kecepatan upload sekitar 46 Mbps udah cukup puas, kalau siang biasanya cuma dapat sekitar 10 Mpbs an malah.

Langkah selanjutnya untuk menguji performanya yaitu dengan berlangganan kembali Netflix, tadinya akun Netflix saya sudah expired karena jarang nonton juga sih, tapi ya demi menyiksa ini layanan untuk mengujinya dicoba nonton streaming yang paling boros kuota kan jenis ini.

Dengan settingan kualitas HD, saya download film-film yang mau saya tonton, dan hasilnya.... dalam 2 hari udah makan kuota hampir 19 GB tuh hehe...

Langkah berikutnya yang akan saya lakukan adalah upload-upload foto dan video ke penyimpanan cloud, sepertinya gak akan ada masalah sih...

Cuma ada hal yang gak yakin, kalau dipake buat unduh file peer to peer apakah akan bisa? soalnya si Indihome kecepatannya jadi ancur-ancuran setelah saya pake buat download melalui aplikasi peer to peer ini, padahal gak besar koq cuma sekitar 10 GB tapi efeknya kayaknya di squeeze atau dicekek gitu, malah jadinya gak bisa ngapa-ngapain...

Paling nanti deh hari terakhir di test nya, jadi klo jadi lemot misalnya gak apa-apa kan udah mau habis ini masa berlakunya.

Oke sampai disini dulu, nanti diupdate lagi kelanjutannya. 

Update:

Ya, sudah 6 hari ini pake paket "true" unlimited nya Telkomsel dan total penggunaan datanya seperti ini: 

Total data usage Telkomsel selama 6 hari


ya, jadi dalam 6 hari ini (harusnya 7 hari) telah menggunakan total data sebesar 71,19 GB, yups, luar biasa sih menurut saya, soalnya biasanya penggunaan data saya kurang lebih sekitar 20 GB per bulannya, dan kualitasnya jaringannya pun overall bagus.

Pada awal-awal diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)  di hampir semua wilayah di Indonesia, Telkomsel mengalami lonjakan penggunaan data hingga di batas kapasitanya, sehingga pengalaman berinternet sungguh parah waktu itu (sekitar bulan Maret-April 2020) mungkin karena overload capacity.

Sepertinya mereka sudah meningkatkan kapasitas jaringannya, atau mungkin pengguna internet tidak seintens sebelumnya ya? sehingga sekarang rata-rata cukup bagus di setiap waktu.

Penggunaan data sebesar itu digunakan sebagian besar untuk mendownload film di Netfllix :D, sebanyak puluhan film baik movies maupun series yang belum tentu sempat ditonton juga hehe... rencana penggunaan untuk peer to peer belum sempat dicoba waktu itu.

dan ternyata... saat ini saya dapat penawaran yang serupa, yaitu Paket Unlimited Telkomsel seharga Rp 5000 untuk 7 (tujuh hari pemakaian). Mantabh.... 

Ini penawarannya:



Ini deskripsi paketnya:



Paket Telah Diaktifkan:


Informasi di My Telkomsel App



    Dan percobaan kali ini yah... lagi-lagi di Netflix. Kenapa? karena kalau test nya di Youtube sudah pasti bagus lah... sudah pernah sebelumnya dicoba di paket unlimitednya si By.U yang sama-sama produk Telkomsel juga sebenarnya, dengan speed hanya 2 Mbps saja sudah cukup bagus untuk menonton video streaming dari youtube, apa ada server Youtube ya di Indonesia? soalnya kualitasnya koneksinya bagus walaupun speed hanya 2 Mbps saja.

By the way, server Youtube kemarin sempat down selama beberapa menit di tanggal 14 Desember 2020 pas sore hari, kabarnya sih terjadi di seluruh dunia, bukan di Indonesia saja. Berita mengenai Youtube down ini sempat menjadi trending topic di seluruh dunia.

Kembali ke Netflix, kalau pake By.U yang unlimited dengan batasan speed hanya 2 Mbps gak ngangkat, alias sering error putus koneksi dengan servernya. Namun dengan Telkomsel Unlimited ini yang tidak dibatasi kecepatannya, menonton film di Netflix menjadi bisa digunakan. Namun..., dengan catatan: setelah memilih video yang ingin ditonton ada waktu untuk buffering selama beberapa detik antara 10-30 detik, setelah itu video dapat ditayangkan. 

Setelah tayangpun kualitasnya jelek, di bawah standar dulu alias pixelate dulu selama beberapa detik yang kemudian kualitasnya berangsur-angsur membaik sampai ke kualitas High Definition (HD). Secara umum cukup puas, walaupun begitu terkadang ada juga kejadian terputus koneksinya dengan server netflix, sehingga harus keluar dulu dari video yang sedang ditonton, baru kemudian masuk lagi dan melanjutkannya.





Comments

Popular posts from this blog

Kangen ka Barudak UPI

Review Pengalaman Setelah Menggunakan By U - Provider Serba Digital Pertama di Indonesia

Just Dance Now, Game Seru Bermain Sambil Berolah Raga