Tips: Cara Transfer Antar Bank Gratis (Bebas) Biaya

 Saat ini terdapat lebih dari 100 Bank yang beroperasi di Indonesia, dan terkadang kita perlu untuk melakukan transfer antar bank yang tentu saja dikenakan biaya untuk aktifitas ini. Walaupun jumlahnya tidak besar yaitu hanya Rp 6500 per transaksi, namun apabila kita sering melakukannya akan terasa besar lama kelamaan, apalagi kalau nilai transfernya kecil, maka biaya transaksi nya akan relatif besar jadinya.

Nah untuk mengatasi hal ini saya menemukan penyedia layanan untuk transfer antar bank gratis biaya, Namanya Flip. Sudah lebih dari satu tahun saya menggunakan layanan dari Flip ini, dan cukup puas dengan performanya apalagi gratis hehe...

Flip - Transfer antar bank bebas biaya


Awalnya nemu aplikasi ini dari iklan yang lewat di beranda medsos, trus gak percaya begitu saja dunk takutnya tipu-tipu gitu... pas baca review yang sudah pake aman, dan ratingnya pun bagus, ya sudah saya coba download dan install aplikasinya di handphone.

Selain itu saya baca-baca juga cara kerjanya dan ternyata masuk akal kenapa mereka bisa melakukan layanan tersebut. Jadi mereka punya akun di beberapa bank besar, waktu itu awalnya mereka hanya ada 5-7 bank besar (sekarang lebih banyak), terus kita transfer ke rekening bank mereka, kemudian mereka mentransfer ke rekening bank tujuan kita dari bank yang sama dengan rekening bank tujuan tersebut... 

Prosesnya

Nah jadi prosesnya setelah kita melakukan registrasi, lalu membuat permintaan transfer, pilih bank dan nomor rekening bank tujuan yang mau di transfer, kemudian pilih metode/dari mana rekening bank yang kita miliki, setelah itu mereka proses permintaannya dengan memberikan kita nomor rekening Flip di bank yang sama dengan kita.

Setelah kita mentransfer dana nya ke rekening Flip, wajib untuk melakukan konfirmasi bahwa kita sudah melakukan transfer, maka dalam waktu kurang dari 10 menit (biasanya sih selesai dilakukan dalam waktu 1-2 menit saja) Flip akan mentransfer ke rekening bank lain yang menjadi tujuan kita. Maka kita dapat gratis biaya transfer karena kita melakukan transfernya ke sesama bank.

Contoh: 

kita mau transfer dari rekening bank BCA ke bank BNI atau Mandiri misalnya. Kita membuat permintaan untuk melakukan transaksi dengan memilih bank tujuan BNI atau Mandiri tadi, kemudian pilih metode pembayaran dari bank BCA. Lalu Flip akan memberikan rinciannya berupa jumlah yang harus di transfer sejumlah permintaan kita ditambah angka unik agar Flip mudah mengindentifikasi yang nantinya anka unik tersebut akan disimpan di akun Flip kita, bisa ditarik atau digunakan untuk hal-hal lain seperti membeli pulsa atau membayar listrik misalnya.

Saldo di akun Flip


Setelah itu kita transfer ke rekening Flip di BCA, lalu tekan tombol konfirmasi "Saya sudah transfer", maka Flip akan melakukan pengecekan, apabila sudah sesuai maka Flip akan mentransfer sejumlah uang sesuai dengan permintaan dari rekeningnya Flip di BNI atau Mandiri. Selesai deh bisa transfer antar bank tanpa biaya :D

Pilihan bank transfer

Setelah satu tahun menggunakan layanan ini, saya merasa sangat puas. Alasannya pertama karena gratis biayanya, kedua prosesnya cepat (di bawah 10 menit), ketiga pilihan banknya sudah banyak hampir semua bank di Indonesia kalau tidak salah. namun untuk metode transfernya hanya dari bank utama saja, yaitu:

  1. BCA
  2. BRI
  3. MANDIRI
  4. BNI
  5. Jenius/BTPN/BTPN Wow!
  6. BSI (Bank Syariah Mandiri)
  7. CIMB/CIMB Syariah
  8. Muamalat
  9. Permata/Permata Syariah
  10. Digibank/DBS
  11. Danamon/Danamon Syariah
Transfer antar bank, pengecekan manual


Saat ini Flip telah menambah lagi pelayanannya dengan transfer melalui Virtual Account, sehingga prosesnya realtime, begitu selesai transfer langsung diproses secara otomatis. Ada tiga Virtual Account Flip dengan proses realtime, yaitu:

  1. BRI Virtual Account
  2. BNI Virtual Account
  3. Permata Virtual Account

Proses transaksi instan via virtual account


Saya cukup sering menggunakan layanan itu, hampir setiap minggu saya menggunakannya jadi tahu bagaimana performanya. Pernah juga mereka ini "galau" ingin memperluas "monetisasi" layanannya. Pernah suatu waktu mereka mengenakan tarif untuk aktifitas ini bila ingin diproses cepat 1-10 menit, kalau gratisan waktunya sampai 25 menit baru diproses. Namun sepertinya banyak mendapat sentimen negatif dari usernya, sehingga mereka membatalnya.

Layanannya semakin baik menurut saya, mulai dari bertambahnya pilihan bank, proses realtime dengan virtual account, yang tidak realtime atau pengecekan manual pun sekarang lebih cepat prosesnya biasanya 1-2 menit sudah selesai, bisa tranfer ke dompet digital juga seperti OVO, Shopeepay, GoPay dll. 

Bisa isi ke dompet digital


Yang mau mencobanya bisa download dan install aplikasinya di sini.

Selamat mencoba... :)

Comments

Popular posts from this blog

Kangen ka Barudak UPI

Review Pengalaman Setelah Menggunakan By U - Provider Serba Digital Pertama di Indonesia

Pengalaman Upgrade Kartu 4G Axis di XL Center