Fitur Baru di Youtube: Pinch to Zoom

 Baru nyadar pas tadi buka Youtube ada notifikasi: "Apakah anda mau mengaktifkan fitur baru "pinch to zoom?" intinya sih begitu, gak sempat di screenshot jadi lupa deh notifikasi aslinya kayak gimana.

Fitur ini sih katanya baru versi uji coba bagi pelanggan Youtube Premium, sebelum diaplikasikan ke seluruh pengguna Youtube nantinya.

Setelah di klik "ok", lalu dicobalah bagaimana sih fungsinya?

Ternyata video yang kita tonton bisa di zoom atau diperbesar hingga 8x... wow, bagus juga sih...

ini bisa sangat berguna bila kita melihat videonya di layar HP yang tentu saja ukurannya kecil (di bawah 7 inch) dan kontennya memuat tulisan, sehingga dapat kita perbesar dan dapat kita lihat tulisannya dengan cukup jelas. 

Tapi tentu saja tergantung juga dengan kualitas video yang kita lihat, bila kualitasnya di bawah HD 720p, misalnya cuma 360p, maka akan sia-sia bila di zoom juga, karena hasilnya akan pecah-pecah alias buram.

Beda lagi halnya jika kualitas video yang kita lihat di atas Full HD 1080p atau 4K maka detail videonya akan tetap bagus gambarnya.

Silahkan dicoba :D


Ok.... Setelah dicoba, begini hasilnya dari fitur pich to zoom di Youtube:

Biar hasilnya lebih jelas terlihat, kita coba memutar video youtube dengan kualitas 4K Ultra HD 2160p60 HDR  dengan resolusi video 3840 x 2160


tanpa di zoom atau diperbesar


diperbesar 3x


diperbesar 4x


diperbesar 5x


diperbesar 5x


diperbesar 7x


diperbesar 8x

Wah... hasilnya memang luar bisa bagus, kita jadi bisa melihat detail suatu frame video dengan cukup jelas setelah dilakukan perbesaran atau di zoom 8x.

Namun ini sebenarnya kurang maksimal hasilnya di HP saya, soalnya spesifikasi layar di HP nya hanya sampai 2400x1080 saja, jadi gak bisa menampilkan dengan hasil yang maksimal sesuai dengan resolusi videonya..

Selain agar bisa melihat frame suatu video secara detail, saya tidak tahu apa lagi manfaat dari fitur ini bisa digunakan untuk apa saja, mungkin nanti pihak youtube sendiri yang bisa menjelaskannya.

Secara garis besarnya, saya suka dengan fitur baru ini, mantabh...  :D

Comments

Popular posts from this blog

Pulsa Telkomsel Terpotong Sendirinya - Lho Koq Bisa?

Pengalaman Menjadi Mystery Shopper

Paket Unlimited Dari Telkomsel Ada Yang Bagus - Ada Yang Ribet