Khalid bin Walid - Salah Satu Panglima Perang Muslim Terhebat

 Saya menyukai sejarah, tapi dulu pas waktu masih sekolah sih nggak, karena rasanya membosankan hehe... Namun semenjak main game "Age of Empires", "Empire Earth" dll waktu masih kuliah di awal tahun 2000'an dulu eh sejarah jadi mengasyikkan yah.. apalagi sambil memainkan game strategi perangnya, seru banget...

Age of Empires Series

Berlanjut sampai sekarang, walaupun sudah tidak memainkan game-game itu lagi namun sekarang caranya dengan menonton video-video tentang sejarah di Youtube. Channel-channel yang saya ikuti diantaranya: Kings and Generals, History Marche dll... yang ada grafik animasinya jadinya menarik dan tidak membosankan.

Kali ini saya nemu video seorang professor yang memberikan mata kuliah sejarah buat para mahasiswanya yang membahas kehebatan Khalid bin Walid, salah seorang panglima perang terbesar dalam dunia Islam.

Dimulai dari bagaimana kondisi kerajaan Romawi dan Persia yang saat itu menguasai dunia, dengan kehebatan teknologi, pasukan dan kekayaannya, juga kondisi mereka yang sedang berperang satu sama lainnya dimana akhirnya kedua kerajaan besar itu bersatu sebanyak kurang lebih 150.000 pasukan dihancurkan oleh pasukan Khalid yang hanya berjumlah 15.000 pasukan.

Ada kejadian unik, dimana sebelum perang besar itu dilakukan, Khalid bernazar kepada Allah SWT, bahwa dia akan melaksanakan ibadah haji apabila berhasil memenangkan perang itu. Akhirnya setelah menghancurkan pasukan gabungan Persia dan Romawi, Khalid segera berangkat ke Mekah menunggangi kudanya secepat mungkin, melaksanakan ibadah haji sesuai dengan nazarnya, kemudian kembali lagi ke medan perang secepatnya. Luar biasa...

Perkuliahan ditutup sampai dengan berhasil dibebaskannya Jerusalem di Palestina ke tangan umat Islam dengan diundangnya langsung sang Khalifah, Umar bin Khattab R.A. dan penyerahan pun berlangsung dengan damai, bahkan umat Yahudi yang sebelumnya dibantai oleh pihak kristen karena mereka membantu pasukan persia di perang sebelumnya, diundang untuk kembali mendiami kota Jerusalem, hal itu yang tidak ada dalam buku-buku sejarah sekarang ini.

ini videonya barangkali ada yang tertarik juga:



 

Comments

Popular posts from this blog

Pulsa Telkomsel Terpotong Sendirinya - Lho Koq Bisa?

Pengalaman Menjadi Mystery Shopper

Paket Unlimited Dari Telkomsel Ada Yang Bagus - Ada Yang Ribet