Bernie Madoff, Moster of Wall Street - Investasi Bodong Terbesar Dalam Sejarah - Dokumenter Netflix

   Saya pernah melihat beritanya di tv, waktu Bernie Madoff ditangkap karena penipuan investasi dengan nilai yang fantastis, yaitu sebesar 64 Milyar Dollar. Sebagai gambaran, apabila seseorang medapatkan 1 Dollar per detiknya, maka ia akan mempunyai 1 juta dollar dalam waktu 11 hari. Namun untuk mencapai 1 Milyar dollar diperlukan waktu 30 tahun. Kalau 64 Milyar tinggal dikalikan saja 30 x 64 = 1920 tahun.

    Bernie Madoff adalah seorang penipu finansial Amerika yang terkenal karena skandal penipuan yang ia lakukan melalui jaringan investasi yang ia dirikan. Madoff mengakui bahwa ia telah menipu ribuan investor dari banyak dana yang mereka investasikan ke dalam jaringan investasinya, yang ternyata hanyalah skema Ponzi. Dia ditangkap pada tahun 2008 dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

    Saya juga sepempat baca berita-beritanya di media online, namun dengan artikel yang hanya ratusan kata itu tentu saja tidak diceritakan secara detail bagaimana caranya dia melakukan hal itu, dengan korban mencapai ribuan orang dan institusi dalam rentang waktu 40 puluh tahun... luar biasa.

    Nah, bagaimana awalnya dan perjalanannya secara lebih detail dapat kita lihat di film seri dokumenter yang ada di Netflix dengan judul: "Madoff: The Monster of Wall Street"


Mulai dari awal bagaimana keluarganya, kemudian menikah, bagaimana ia memulai bisnis sebagai makelar saham recehan sebagai bisnis remsi atau legalnya dan juga membuka bisnis sebagai penasihat investasi ilegal yang kemudian menjadi semacam reksa dana yang berkembang menjadi skema ponzi.

Bisnis investasi skema ponzi ini pun bukan tanpa masalah, berbagai masalah berhasil dia lalui selama puluhan tahun baik itu karena keberuntungan maupun bantuan dari para investor awal yang diduga mengetahui bisinis yang dijalannkannya, ia berhasil berkelit dari berbagai krisis finansial, orang-orang yang melaporkan mencurigai operasi bisnisnya dan  pemeriksaan-pemeriksaan oleh SEC.

SEC singkatan dari Securities and Exchange Commission, yaitu badan pengawas pasar modal di Amerika Serikat. Tujuan utama dari SEC adalah melindungi investor dan memastikan keadilan dan efisiensi pasar modal. SEC mengawasi perusahaan publik, perusahaan-perusahaan yang menawarkan efek kepada masyarakat, dan perantara pasar modal seperti broker-dealer dan manajer investasi. SEC juga bertanggung jawab untuk menerbitkan dan mengawasi peraturan pasar modal yang berlaku di Amerika Serikat.

Nah, setelah lolos dari berbagai pemeriksaan yang dilakukan SEC inilah skema ponzi-nya Madoff semakin menggila, karena masyarakat percaya bahwa dia bersih dan benar-benar hebat, sehingga para korban penipuannya semakin banyak dan semakin besar jumlahnya.

Di akhir kisahnya sangat tragis, bagi semua yang terlibat dari bisnis ini, yang bisa kita saksikan di film dokumenter ini. Silahkan di tonton, recomended...

 

Comments

Popular posts from this blog

Pulsa Telkomsel Terpotong Sendirinya - Lho Koq Bisa?

Pengalaman Menjadi Mystery Shopper

Paket Unlimited Dari Telkomsel Ada Yang Bagus - Ada Yang Ribet