Chat GPT, Kadang Sok Tau dan Ngeselin Tapi Bisa Lucu Juga

Nah, lagi rame pada bahas dan pake Chat GPT, kadang saya juga pake itu buat isi konten di blog yang lain atau untuk mengisi deskripsi di video youtube saya.

Apa itu Chat GPT? 

"GPT (Generative Pre-trained Transformer) adalah model pembelajaran mesin yang dikembangkan oleh OpenAI. Model ini dapat digunakan untuk tugas-tugas generatif, seperti penulisan teks otomatis, penerjemahan, dan pembuatan jawaban untuk pertanyaan. GPT dapat di-pre-train pada corpus data besar, kemudian dine-fine-tune untuk tugas spesifik. "Chat GPT" adalah sebuah aplikasi atau sistem yang menggunakan model GPT untuk menjawab pertanyaan atau mengeksekusi tugas-tugas tertentu dalam bentuk percakapan. Ini dapat digunakan untuk aplikasi seperti asisten virtual, obrolan otomatis, atau bahkan penulisan konten oleh AI."

Apa itu Chat GPT?  ya itu jawaban dari web app nya langsung hehe...

Bagusnya si Chat GPT ini, hasilnya kalau kita cek di web app untuk plagiarisme, itu hasilnya 100% unik.

Namun sebelumnya dia sudah membuat semacam "Disclaimer" yang menyatakan bahwa bisa saja membuat informasi yang tidak benar, jadi harus tetap diawasi, terutama bila kontennya sensitif.

Seperti yang beberapa waktu lalu saya coba, kebetulan saya ada channel youtube dengan niche Agama Islam, nah untuk mengisi deskripsinya tu kan suka males nulisnya kan. Jadi dimanfaatkanlah si Chat GPT ini untuk menulis di kolom deskripsinya.

Waktu itu saya membuat video tentang Nabi Isa Alaihissalam yang menyatakan kerasulannya kepada umatnya.

Nah untuk deskripsinya saya tanyakanlah ke Chat GPT dalam bentuk pernyataan: "Nabi isa menyatakan kenabiannya kepada kaumnya" lalu jawaban si Chat GPT seperti ini:

Dalam agama Kristen, Nabi Isa atau Jesus diyakini menyatakan dirinya sebagai Mesias atau Anak Tuhan. Namun dalam agama Islam, tidak diterangkan secara eksplisit bahwa Nabi Isa menyatakan kenabiannya secara terang-terangan kepada kaumnya. Dalam Islam, Isa diakui sebagai Nabi yang diutus oleh Allah dan diperintahkan untuk menyampaikan wahyu dan ajaran agama kepada umatnya. Namun tidak dalam Al-Quran secara jelas menyatakan bahwa Nabi Isa menyatakan kenabiannya kepada kaumnya.



dan tentu saja jawabannya salah, karena dalam Al Qur'an ada ayat yang menunjukkan bahwa nabi Isa as, menyatakan kenabiannya, yaitu pada surat Ash Shaff ayat 6.

Lalu saya tuliskan lagi: "Q.S. Ash Shaff ayat 6"

dan jawabannya seperti ini: 

Surat Ash-Shaff, ayat 6 dalam Al-Qur'an berbunyi:

"Dan (ingatlah), ketika Isa putra Maryam mengatakan: "Hai Bani Israil, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu, membenarkan kitab yang sebelumku (Kitab Taurat) dan memberi kabar gembira dengan (datangnya) seorang utusan yang akan datang sesudahku, yang namanya Ahmad." Kemudian ketika utusan itu datang kepada mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata, mereka berkata: "Ini adalah sihir yang nyata."

Dalam ayat ini, Nabi Isa diperlihatkan sebagai seorang utusan Allah, yang menyampaikan kabar gembira tentang kedatangan seorang utusan lain yang akan datang setelahnya, yang dikenal dengan nama Ahmad. Ahmad di sini diartikan sebagai Muhammad SAW yang merupakan nabi utama dalam agama Islam. Dan dalam ayat ini juga diterangkan bahwa umat Nabi Isa (Bani Israil) menganggap bahwa kedatangan Nabi Ahmad sebagai sihir.

kan dia salah hehe... 

saya ketikkan lagi: "nah, berarti al quran secara jelas menyatakan bahwa nabi isa menatakn kenabiannya kepada kaumnya"

dan dia pun menjawab:

Maaf, saya kurang tepat dalam jawaban sebelumnya. Al-Qur'an dalam surat Ash-Shaff, ayat 6 secara jelas menyatakan bahwa Nabi Isa menyampaikan kabar gembira tentang kedatangan seorang utusan lain yang akan datang setelahnya yang dikenal dengan nama Ahmad (Muhammad SAW), yang juga diakui sebagai seorang utusan Allah, sehingga dapat dikatakan Nabi Isa menyatakan kenabiannya kepada kaumnya.



lucu juga dia bisa mengakui kesalahannya, dan hebatnya ini seperti kita berbicara dengan manusia bukan dengan robot. Luar biasa...

Nah kalau pengalaman dengan chat GPT yang ngeselin seperti ini:

Saya bertanya berapa pajak mobil Hyundai Ioniq 5? dan jawabannya muter-muter tanpa ada hasilnya, seperti ini:



Namun, begitu saya cari di Google, langsung deh dapat jawabannya, seperti ini:



yah, hal ini mungkin terjadi karena ini merupakan versi beta data yang diberikannya sebelum tahun 2021, jadi dengan data-data terbaru, sepertinya dia gak akan bisa jawab.

Yah, begitulah chat GPT, yang digadang-gadang bakalan menghancurkan Google, tapi menurut saya sih, tidak akan, setidaknya dalam waktu dekat ini, sebab masih dalam bentuk pengembangan.

Rumornya tahun ini bakal keluar versi terbarunya, yaitu Chat GPT ver.4 yang seharusnya lebih bagus lagi dari versi yang sekarang (Chat GPT 3.5) dan kabarnya pula akan diintegrasikan ke dalam mensin pencari Bing agar dapat bersaing dengan Google, yah sebagai pengguna, kalau ini diimplementasikan ke dalam Bing seharusnya bisa tetap gratis ;)

Semoga saja.

Comments

Popular posts from this blog

Pulsa Telkomsel Terpotong Sendirinya - Lho Koq Bisa?

Pengalaman Menjadi Mystery Shopper

Paket Unlimited Dari Telkomsel Ada Yang Bagus - Ada Yang Ribet