Menghasilkan Uang Dari Facebook Viewpoints, Bagaimana Caranya?

 Facebook memberikan kesempatan bagi para penggunanya untuk mendapatkan kompensasi hadiah berupa uang tunai dengan memberikan datanya kepada Facebook.


Lah ini kan memberikan data kita, bahaya dong jadinya?

Tenang, data yang dimaksud bukanlah data sensitif seperti alamat, tempat tanggal lahir dan data sensitif lainnya.

Data yang dibagikan kepada Facebook adalah:

- Aplikasi yang diinstal di handphone kita

- waktu yang digunakan untuk menggunakan aplikasi

- pengaturan sepeperti negara, device, jaringan yang digunakan, operator dan bahasa yang digunakan.

- fitur yang digunakan pada aplikasi tertentu, seperti layar beranda atau support.

- Nama penyedia layanan yang ditampilkan di aplikasi seperti jaringan iklan Google Adsense misalnya.


Lalu data ini digunakan oleh Facebook seperti apa?

  • Facebook mendapatkan insight atau pandangan penggunaan data dari kelompok peserta untuk untuk penelitian bisnis dan produknya.
  • Informasi dari HP kita digunakan untuk membantu Facebook untuk mempelajari aplikasi mana yang dihargai pengguna dan bagaimana kita menggunakannya.
  • Facebook dapat lebih memahami komunitas penggunanya dengan lebih baik untuk menyempurnakan produk dari perusahaan Facebook.
  • Aplikasi ini tidak mengumpulkan ID pengguna, passwords, atau konten apa saja yang dibagikan termasuk pesan atau konten iklan
  • Facebook berjanji untuk tidak menjual data tersebut dari aplikasi ini kepada pihak ketiga dll
Facebook sebenarnya bisa saja melakukan itu semua tanpa harus memberikan kompensasi kepada para peserta, lalu kenapa mereka melakukannya?

Ini pendapat pribadi saya sendiri sih ya, karena Facebook belakangan ini telah menerima banyak tuntutan dari banyak pihak, terutama dari negara-negara Uni Eropa. Bahkan Facebook telah beberapa kali menerima hukuman berupa denda dengan nominal sangat besar kalau tidak salah sampai ratusan juta Euro.

Nah dengan adanya program ini, maka Facebook mendapatkan data-data tersebut secara legal, karena telah mendapatkan persetujuan dari para penggunanya.

Kalau soal privacy, menurut saya Facebook jauh lebih aman daripada TikTok, di TikTok data data yang diambilnya jauh lebih banyak dan berbahaya, mereka bahkan meng-copy setiap apa yang kita ketikan di keyboard hp. Tiktok dianggap aplikasi mata-mata untuk China, sehingga dilarang untuk pasang di handphone milik anggota militer Amerika Serikat dan keluarganya, di India TikTok bahkan dilarang untuk digunakan alias di blokir.


Untuk pengumpulan data di HP ada aplikasi tambahan yang bernama "Study from Facebook" nah aplikasi ini di install dan disambungkan ke akun Facebook kita, namun untuk bisa berpartisipasi dalam program Study ini harus melalui "undangan", jadi walaupun kita pengguna Facebook kemudian menginstall Viewpoints dan Study, tidak bisa secara otomatis mendapatkan poin yang bisa ditukarkan dengan uang.

Sampai dengan saat ini saya sudah mendapatkan uang tunai yang dikirimkan ke akun Paypal sejumlah $90 yang kalau dirupiahkan sekitar Rp 1.350.000-an, lumayanlah buat beli pulsa hehe...

Bagi anda yang mau mencoba silahkan di download dan install "Viewpoints" dari Facebook, dan apabila memenuhi syarat, maka akan diundang untuk berpartisipasi dalam program "Study", kalau sudah selesai, "set and forget", biasanya setiap dua minggu dapat laporan kiriman uang ke akun Paypal, namun sekarang kita harus melakukannya secara manual, jadi points nya dikumpulkan terlebih dahulu baru kita "request" untuk penarikan dananya.

Selamat mencoba...

Comments

Popular posts from this blog

Pulsa Telkomsel Terpotong Sendirinya - Lho Koq Bisa?

Pengalaman Menjadi Mystery Shopper

Paket Unlimited Dari Telkomsel Ada Yang Bagus - Ada Yang Ribet