Bagaimana Caranya China Mendamaikan Pertikaian Arab Saudi dengan Iran? Lalu Apa Motifnya?

Seperti yang kita tahu bahwa ada krisis kemanusiaan di Yaman karena perang saudara dan diperparah oleh adanya perang "proxy" antara Arab Saudi dengan Iran. Namun jarang ada informasi yang mendetail mengenai hal itu, yang kita tahu cuma sebatas di permukaannya saja. Perang di sana pemberitaanya tidak segencar seperti perang antara Russia dengan Ukraina.

Nah kebetulan saya lihat ada video di Youtube yang membahas hal ini dengan gayanya yang cukup menarik, sehingga enak dilihat dari awal sampai akhir, bagaimana rumitnya konflik di Yaman sampai dengan berita terbaru, yaitu China menjadi juru damai di sana, hal ini tentu saja menjadi angin segar bagi perdamaian. Saya bukan fans nya China, tapi saya menghargai upaya mereka sebagai juru damai di sana.

Nah, ini dia videonya: 


dan isinya kira-kira seperti ini:

"Mengapa China Sibuk di Timur Tengah? Lalu Mengapa Arab Saudi dan Iran Menginginkan Yaman?"

Krisis Kemanusiaan di Yaman

Yaman merupakan sebuah negara yang sedang mengalami salah satu krisis kemanusiaan terbesar di dunia. Pemberontak mengambil alih ibu kota Sanaa pada tahun 2014, memaksa pemerintah mengasingkan diri. Kita berbicara tentang hampir semua fasilitas kesehatan yang tidak beroperasi setelah delapan tahun perang. Apakah Yaman benar-benar berada di ambang kehancuran? Kalau dilihat sekilas, anda mungkin gak akan percaya. Yaman memiliki tiga miliar barel cadangan minyak yang terbukti. Namun, meskipun kekayaan yang besar ini, Yaman adalah salah satu negara termiskin di dunia.

Negara ini seharusnya bisa sukses seperti negara-negara lain di wilayahnya, tetapi ada satu hal yang diabaikan. Di Yaman, hampir satu dekade perang yang brutal telah terjadi. Pemerintahan dan ekonomi di Yaman telah runtuh dengan konsekuensi yang parah. Menurut UNICEF, sekitar 21,6 juta orang di Yaman kekurangan kebutuhan dasar seperti air atau perawatan kesehatan. Seperti sebagaimana terjadi pada suatu konflik, semuanya berakhir pada politik. Dalam kasus Yaman, konflik ini berasal dari dalam  dan dari luar negeri.

Yaman Menjadi Zona Perang

Arab Saudi bersama sembilan sekutunya juga terlibat dalam perang ini, dan meskipun tidak mau mengakui, Iran juga berperan aktif. Sayangnya, bagi warga negaranya, Yaman telah menjadi zona perang geopolitik. Di zona perang ini, banyak negara asing dan organisasi yang terlibat. Namun, ada pertanyaan yang perlu diajukan di sini, mengapa konflik ini menciptakan salah satu bencana kemanusiaan terburuk di planet ini terjadi pada awalnya?

-----------------------

Perang Dingin di Timur Tengah (Arab Saudi vs Iran)

Cerita di balik perang di Yaman sangat rumit. Telah terjadi selama beberapa dekade ketidakstabilan politik dan agama di negara tersebut. Namun, situasinya juga erat terkait dengan konflik yang jauh lebih besar dan kurang dikenal: Perang Dingin Timur Tengah. Yaman tidak akan berada dalam kondisi yang sedemikian parah jika bukan karena campur tangan Arab Saudi dan Iran.

Bencana di Yaman merupakan dampak yang tidak menguntungkan dari Perang Dingin di Timur Tengah, dan sebagai kejutan yang tak terduga, lalu bagaimana dan mengapa China berusaha memperbaiki konflik ini? 

Ketika kita mendengar tentang perang dingin, kita segera teringat perang dingin antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet. Ini adalah perjuangan untuk menguasai pengaruh global karena kedua negara tersebut ingin mencapai hegemoni global.

Proxy War

Kedua negara itu terlalu takut untuk saling berperang secara langsung, karena itu akan berarti akhir dunia. Itulah mengapa mereka memutuskan untuk berperang melalui kekuatan proxy (pengganti). Mereka mendukung pihak-pihak yang saling bertentangan dan konflik di seluruh dunia untuk memenangkan pengaruh. Pikirkan tentang Perang Korea dan Perang Vietnam sebagai contoh klasik dari perang-perang ini. Saat ini, sedang berlangsung perang dingin lainnya, Arab Saudi dan Iran saling bertarung untuk hegemoni regional di Timur Tengah. Ini adalah playbook (buku pedoman) yang sama seperti yang kita kenal dari perang dingin, dan semua konflik di Timur Tengah yang kita dengar dalam berita hari ini.

Perang Dingin Kawasan Regional

Iran dan Arab Saudi mencoba mendukung pihak yang saling bertentangan di Suriah, Irak, dan juga Yaman sebagai contoh konflik di mana kedua negara terlibat. Satu-satunya perbedaan antara perang dingin ini dengan yang lebih terkenal pada abad terakhir adalah bahwa ini bersifat regional daripada global.

Mengapa Arab Saudi Dengan Iran Saling Membenci?

Sebelum kita memahami perang dingin ini dan bagaimana hal itu benar-benar memengaruhi Yaman, kita harus memahami mengapa Iran dan Arab Saudi tidak saling menyukai. Ada dua penjelasan untuk ini.

Penjelasan pertama berkaitan dengan agama. Meskipun Iran dan Arab Saudi adalah negara-negara Muslim, keduanya mendukung cabang Islam yang berbeda. Iran memiliki mayoritas Muslim Syiah, sedangkan Arab Saudi memiliki mayoritas Muslim Sunni. Sekarang, kedua negara tidak saling tidak suka karena perbedaan agama, tetapi mereka memiliki perbedaan pendapat tentang siapa yang seharusnya menjadi pemimpin Dunia Muslim.

Pemimpin tertinggi Iran, yang pada dasarnya adalah diktator Iran, memiliki kendali mutlak atas negaranya. Ia melihat Iran sebagai kepala dunia Muslim karena mengikuti Tradisi Syiah secara ketat. Arab Saudi juga mengklaim hal yang sama karena memiliki dua kota suci, Mekah dan Madinah, dan mengikuti Tradisi Sunni secara ketat, tetapi semua orang tahu bahwa hanya dapat ada satu pemimpin. Ini menciptakan banyak ketegangan.

Perbedaan Ideologi

Alasan kedua untuk bentrokan antara keduanya adalah perbedaan ideologi mereka. Sejak berdirinya pada tahun 1932, Arab Saudi telah diperintah oleh monarki Saud. Politik Arab Saudi jauh lebih stabil dan konservatif daripada politik Iran sejak tahun 1953.

Amerika dan Inggris di Belakang Kudeta di Iran

CIA Amerika Serikat dan MI6 Inggris mengatur kudeta di Iran. Hal ini dilakukan untuk melindungi kepentingan minyak mereka setelah Iran mengnasionalisasi industri minyak mereka. Ya, memang selalu tentang minyak di Timur Tengah, bukan? Setelah kudeta, Iran mendapatkan monarki pro-Barat yang diperintah oleh Shah yang terkenal, Raja Iran yang banyak warga Iran tidak menyukai rezimnya, yang kemudian memicu revolusi Islam di bawah kepemimpinan Khomeini pada tahun 1979.

Setelah Revolusi, monarki pro-Barat digantikan oleh Pemimpin Tertinggi seperti yang kita kenal saat ini. Ia adalah pemimpin politik sekaligus pemimpin agama negara ini, dan ini sangat penting untuk memahami gelar lengkapnya adalah Pemimpin Tertinggi Revolusi.

Iran Mendukung Revolusi Pada Pemerintah

Hingga saat ini, para pemimpin Iran secara aktif mendukung revolusi Islam baik di dalam maupun di luar negara mereka. Ini termasuk melawan pengaruh Barat di Timur Tengah yang dipimpin oleh Amerika Serikat. Monarki Arab Saudi sama sekali tidak menyukai hal ini. Amerika Serikat adalah pemasok militer utama mereka.

Meskipun Saudi Arabia tidak keberatan memiliki kemitraan dengan negara-negara Barat, Iran memiliki pandangan yang berbeda. Ide revolusi mereka adalah melawan apa yang dianggap Iran sebagai bentuk pemerintahan yang tidak sah. Dahulu, Khomeini berhasil mengalahkan Raja yang tidak sah di Iran, yaitu Shah. Apa yang tidak disukai oleh Saudi Arabia adalah bahwa pemerintah Iran ingin melakukan hal yang sama di negara-negara lain di wilayah tersebut.

Ancaman Bagi Arab Saudi

Iran mendukung kelompok oposisi dan revolusioner untuk melawan pemerintahan mereka sendiri. Monarki di Arab Saudi melihat hal ini sebagai ancaman, karena tidak ingin terjadi revolusi di dalam batas wilayahnya sendiri.

Arab Saudi merupakan kekuatan status quo sementara Iran jauh lebih revolusioner. Kedua negara ingin menjadi pemimpin Timur Tengah, dan mereka memiliki visi yang sangat berbeda untuk wilayah tersebut. Di banyak negara, hal ini menjadi resep untuk bencana, termasuk di Yaman. Seperti halnya Suriah atau Irak, Yaman menjadi bagian dari perang proxy antara Iran dan Arab Saudi. Kedua negara mendukung pihak yang berbeda dalam konflik tersebut.

Yaman Merupakan Wilayah Vital di Semenanjung Arab

Penting untuk memahami apa yang mereka pertaruhkan? Tentu saja, mendapatkan pengaruh di Yaman adalah tujuan tersendiri bagi Iran dan Arab Saudi. Yaman adalah bagian penting dari Semenanjung Arab, atau bisa dikatakan bagian vital dari Semenanjung Arab.

Pertama-tama, Yaman terletak tepat di sebelah salah satu jalur air strategis di dunia. Selat Bab el-Mandeb adalah jalur strategis dari Laut Merah ke Laut Arab. Banyak kapal melewati selat ini karena merupakan jalur cepat dari Samudra Hindia ke Laut Tengah.

Wilayah Strategis - Rute Perdagangan Penting

Sekitar 10 persen perdagangan dunia melalui Selat Bab el-Mandeb, yang menjadikannya aset bernilai triliunan dolar. Anda dapat membayangkan bahwa mengendalikan selat ini memberi Anda banyak kekuatan di wilayah tersebut dan secara global.

Ketika Terusan Suez terblokir hanya selama enam hari pada tahun 2021, seluruh dunia mengalami masalah rantai pasokan yang serius, dan sebagian besar kapal yang melintasi Terusan Suez juga melewati Selat Bab el-Mandeb.

Bayangkan dampak dari pemblokiran yang disengaja terhadap Selat Bab el-Mandeb. Karena begitu penting untuk rute perdagangan, Iran dan Arab Saudi pasti ingin mengendalikan Selat ini dalam upaya mereka untuk mencapai hegemoni regional.

Mengendalikan Pelabuhan Strategis

Aset penting lainnya untuk rute perdagangan adalah Pelabuhan Utama Yaman, pelabuhan Aden. Jika Anda ingin mencapai hegemoni regional, mengendalikan pelabuhan-pelabuhan penting akan sangat membantu, dan pelabuhan Aden bukanlah sekadar pelabuhan biasa seperti yang ada di tempat lain. Pelabuhan ini memiliki salah satu pelabuhan alam terbesar di dunia, sehingga menempatkannya sebagai salah satu pelabuhan alam terbaik di dunia. Hingga tahun 1950, pelabuhan Aden merupakan pelabuhan tersibuk kedua di dunia setelah New York.

Pelabuhan Aden memiliki potensi yang sangat besar, dan itu adalah sebuah pernyataan yang sederhana. Tidak heran bahwa Iran dan Arab Saudi sangat tertarik dengan pelabuhan ini, dan tentu saja karena Yaman berbatasan langsung dengan Arab Saudi, negara ini menjadi bagian penting dalam Perang Dingin.

Menyerang Adalah Pertahanan Terbaik

Jika Iran mengendalikan Yaman, mereka akan memiliki keunggulan atas militer Arab Saudi. Negara boneka di selatan Arab Saudi akan memberikan Iran keuntungan militer yang serius. Hal ini akan mirip dengan apa yang terjadi selama Krisis Rudal Kuba yang begitu dekat dengan wilayah Amerika Serikat, tetapi dalam skala yang lebih kecil dan lebih regional, tentunya.

Arab Saudi tidak ingin menghadapi krisis semacam itu di sebelah perbatasannya, dan seperti yang dikatakan Sun Tzu dalam "Seni Perang", serangan adalah rahasia pertahanan. Oleh karena itu, Arab Saudi mengirimkan pasukan mereka sendiri ke negara tersebut. Ya, Arab Saudi benar-benar mengirimkan pasukan ke negara tersebut. Itulah sejauh mana perang dingin ini berlangsung.

Presiden Yaman Yang Korup

Mari kita lihat konflik di Yaman dengan lebih rinci. Yaman sudah menjadi negara gagal bahkan sebelum Perang Saudara dimulai. pada tahun 2014. Pada tahun 2011, Ali Abdullah Saleh telah menjadi presiden korup Yaman selama lebih dari 30 tahun. Laporan PBB menyebutkan bahwa ia mencuri 260 miliar dolar selama pemerintahannya. Sementara itu, banyak warga Yaman menjadi miskin dan menderita kelaparan. Tidak mengherankan bahwa banyak warga Yaman tidak puas dengan presiden mereka.

Arab Spring

Oleh karena itu, pada tahun 2011, setelah protes besar-besaran yang dikenal dengan "Arab Spring", seperti yang terjadi di banyak negara Timur Tengah lainnya, revolusi Yaman dimulai. Apa yang awalnya merupakan protes anti-pemerintah, segera berkembang dengan cepat (eskalasi) menjadi perang antara pendukung Saleh dan oposisi.

Para pengunjuk rasa yang damai terbunuh, dan kelompok suku yang berbeda bersenjata bertempur melawan pasukan pemerintah di jalanan. Pada bulan Juni, Presiden Saleh hampir terbunuh dalam upaya pembunuhan di Istana Presiden. Saleh mungkin menyadari bahwa penduduknya tidak menyukainya lagi, sehingga ia setuju untuk menyerahkan kekuasaan kepada wakil presidennya, Hadi, pada tahun 2012.

Mencabut Subsidi Untuk Rakyat Jadi Pemicu Perang Saudara

Meskipun Hadi memenangkan "pemilihan" yang bisa dibilang sepihak, di mana ia adalah satu-satunya kandidat, banyak warga Yaman yang tetap tidak puas. Tidak sulit untuk memenangkan pemilihan jika Anda satu-satunya yang ada dalam daftar pemilih.

Keadaan kembali memanas pada tahun 2014 ketika Presiden Hadi memutus subsidi bahan bakar. Kelompok pemberontak Houthi di Yaman Utara memutuskan untuk mengambil alih ibu kota Sanaa. Perang saudara pun dimulai.

Didukung Iran, Kelompok Houthi Memberontak

Kelompok Houthi mendirikan Dewan Politik Tertinggi dan mulai berperang melawan pemerintah yang diakui secara resmi yang dipimpin oleh Hadi. Yang menarik adalah banyak negara, termasuk AS dan Arab Saudi, percaya bahwa Houthi adalah proxy Iran. Bukti menunjukkan bahwa Iran memberikan dukungan militer langsung kepada kelompok Houthi yang menganut Islam Syiah, sama seperti Iran. Ketika pemimpin tertinggi Iran mengumumkan dukungan spiritualnya untuk Houthi, Iran menyangkal adanya keterlibatan militer dalam konflik tersebut.

Namun, Presiden Hadi jelas tidak percaya hal ini. Dia mengatakan bahwa ia akan mengibarkan kembali bendera Yaman di Sanaa, bukan bendera Iran. Sayangnya bagi presiden, Houthi bukanlah satu-satunya pihak yang ingin mengusir Hadi. Mantan presiden Saleh juga mengkritik dan mengecam Hadi seperti halnya Houthi, dan menginginkan dia menyerahkan kekuasaan.

Kaum Separatis Bagian Selatan Menggugat

Kelompok separatis lainnya di selatan negara yang ingin meraih kemerdekaan dari Yaman, melihat peluang untuk bergabung dalam pertempuran. Gerakan Selatan ini secara tidak langsung bersekutu dengan pemerintahan Hadi untuk melindungi selatan dari kemajuan Houthi, tetapi pemerintahan baru mereka, Dewan Transisi Selatan, mengambil alih kendali atas banyak provinsi yang sebelumnya menjadi milik pemerintahan Hadi, yang tentu saja tidak disukai oleh presiden.

Al Qaeda Memperburuk Situasi

Kelompok teroris Al-Qaeda di Semenanjung Arab dan Islamic State juga memanfaatkan ketidakstabilan di Yaman untuk memperluas pengaruh mereka di negara tersebut. Pemerintahan Hadi kehilangan cengkeramannya atas kekuasaan, dan negara tersebut hancur berkeping-keping.

Ancaman Terhadap Kota Mekkah

Jika Anda tidak mengikuti perkembangan ini dengan berbagai kelompok, organisasi, dan pihak yang terlibat, cukup pahami ini: Yaman menjadi kacau dalam waktu beberapa bulan ketika Houthi mengancam akan menguasai Mekkah dan Riyadh, dua kota di Arab Saudi. Situasi semakin memburuk setelah pengumuman yang serampangan tersebut.

Koalisi Arab

Arab Saudi campur tangan di Yaman bersama koalisi sembilan negara lainnya. Ini termasuk Uni Emirat Arab, Mesir, Qatar, dan Sudan. Pada dasarnya, semua teman Arab Saudi bergabung dalam pertempuran ini. Koalisi ini mendukung pemerintahan Hadi dan gerakan selatan dalam perjuangan mereka melawan Houthi. Koalisi Arab Saudi menerjunkan ribuan pasukan dan melancarkan serangan udara massal.

Didukung Amerika, Inggris dan Prancis

Menariknya, AS, Inggris, dan Prancis semua mendukung Koalisi Arab Saudi di Yaman melalui penjualan senjata besar-besaran. Banyak pesawat tempur, drone, dan bom berasal dari negara-negara Barat.

Barat bersekutu dengan Arab Saudi karena mereka adalah musuh Iran. Dan musuh dari musuh Anda adalah teman Anda, tampaknya. Namun, penjualan senjata ini sangat kontroversial. Arab Saudi dan Koalisinya secara berulang kali menggunakan senjata-senjata ini untuk menyerang warga sipil. Mereka menggunakan apa yang disebut serangan "double tap". Pertama, mereka menyerang basis militer, lalu mereka membombardir warga sipil yang datang untuk menyelamatkan korban.

Tangan Berlumuran Darah

Karena taktik-taktik ini, apa yang awalnya dimulai sebagai pemberontakan Houthi, meningkat cepat (eskalasi) menjadi salah satu konflik paling kotor di dunia. Ditambah dengan sistem perawatan kesehatan yang gagal, malnutrisi yang meluas, dan air minum yang tidak sehat, kekacauan di Yaman menjadi lengkap pada awal 2022.

Perang ini telah langsung maupun tidak langsung merenggut sekitar 377.000 jiwa di Yaman, dan negara ini masih hancur berkeping-keping. Seperti yang Anda lihat pada peta ini, masih ada tiga kubu utama yang bertarung untuk menguasai wilayah utara. Sanaa masih dikuasai oleh Houthi, kemungkinan dengan dukungan dari Iran.

Selatan dikuasai oleh gerakan selatan yang memiliki hubungan dengan Koalisi Arab Saudi, dan sisa negara ini dikuasai oleh pemerintahan resmi Yaman yang didukung oleh Koalisi Arab Saudi.

Inilah Sebabnya Kenapa Disebut Dengan Proxy War

Kita tidak dapat memisahkan konflik internal ini dari konflik yang jauh lebih besar di Timur Tengah. Salah satu pihak pro-Iran dan pihak lainnya pro-Arab Saudi. Itulah mengapa konflik di Yaman disebut sebagai perang proxy. Baik Iran maupun Arab Saudi ingin memiliki pengaruh yang lebih besar di Yaman, dan mungkin yang lebih penting adalah mereka sama-sama tidak suka dengan ide musuh bebuyutannya mengambil alih kendali negara ini.

Perang Akan Terus Berlanjut Sampai Perang Dingin Berhenti

Ini adalah berita buruk bagi Yaman, Perang Saudara tidak akan berhenti sampai Perang Dingin Timur Tengah berakhir. Namun, kabar baiknya adalah Perang Dingin Timur Tengah kemungkinan akan berakhir. Kita berharap bahwa babak baru ini akan mengakhiri kebuntuan hubungan selama tujuh tahun terakhir, dan membawa stabilitas dan keamanan yang lebih besar di wilayah ini serta lebih banyak pembangunan dan kemakmuran bagi rakyat. Kesepakatan ini menjadi tanda lembaran baru di Timur Tengah.

Mediasi Oleh China

Musuh bebuyutan yaitu Iran dan Arab Saudi, setuju untuk mengembalikan hubungan diplomatik secara rahasia dengan mediasi dari China. Ini mungkin merupakan perkembangan paling penting di Timur Tengah pada abad ini. Iran dan Arab Saudi, yang karena perang proxy mereka telah menyebabkan konflik selama beberapa dekade di seluruh Timur Tengah, memperbaiki hubungan mereka. Mereka melakukannya dengan bantuan dari China.

Ini Bisa Jadi Akhir Dari Perang

Ini menimbulkan beberapa pertanyaan, mengapa mereka melakukannya? dan apa yang dilakukan China di Timur Tengah? Untungnya bagi Yaman dan dalam Perang Dingin antara Iran dan Arab Saudi, ini bisa berarti akhir Perang.

Ketika Iran menghentikan dukungan kepada Houthi, dan ketika Arab Saudi menghentikan bantuan kepada pemerintah Yaman dan gerakan selatan, konflik dapat mereda. Sebulan yang lalu, pejabat Saudi dan Houthi melakukan pembicaraan tentang rekonstruksi Yaman dan pembukaan kembali pelabuhan dan bandara. Mereka juga membahas jadwal waktu bagi pasukan asing untuk keluar dari negara tersebut.

Ini adalah tanda-tanda yang menjanjikan bahwa perang yang berlangsung selama sembilan tahun ini berpotensi berakhir. Tampaknya Iran dan Arab Saudi sedang mengubah pikiran mereka tentang perang. Mungkin mereka menyadari setelah hampir satu dekade perang, bahwa tidak ada gunanya saling berperang, dan bahwa hanya ada kegetiran dan kehancuran dalam perang.

China Mencoba Meraih Pengaruh Global

Baik Iran maupun Arab Saudi belum sepenuhnya mencapai dominasi di Yaman, dan terutama belum mencapai hegemoni regional yang mereka inginkan. Namun, selain itu, China juga mungkin memiliki kaitan dengan perubahan kebijakan yang tiba-tiba ini. China sedang mencoba untuk memenangkan pengaruh di seluruh dunia, terutama di Timur Tengah. Mengapa? Tentu saja, minyak. China membutuhkan banyak minyak untuk perekonomiannya.

China Tidak Ingin memihak

Di Timur Tengah, ini adalah tempat yang sangat baik untuk mendapatkannya. Sebagai bagian dari rencana besar mereka, China ingin mendapatkan sebanyak mungkin teman di wilayah tersebut. Perang dingin antara Iran dan Arab Saudi tidak sesuai dengan kepentingan China, karena China tidak ingin memihak salah satu pihak.

Perlu diingat bahwa China adalah mitra perdagangan terbesar baik bagi Arab Saudi maupun Iran, dengan jumlah impor dan ekspor yang besar antara kedua negara tersebut. Uang berbicara, jadi China memiliki keuntungan di sini.

China Punya Daya Tawar Agar Perdamaian Bisa Tercapai

Beijing dapat memberikan tekanan kepada Arab Saudi dan Iran untuk menghentikan pertikaian antara keduanya, dan itulah yang sedang dilakukan. Partai Komunis China (CCP) menekan Arab Saudi dan Iran untuk memperbaiki hubungan mereka, dan memulai pembicaraan tentang mengakhiri perang proxy mereka.

Motif China

Pemimpin China, Xi Jinping, memiliki dua motif dalam melakukan ini. Pertama, terkait dengan apa yang disebut sebagai "soft power". Kita semua tahu bahwa CCP menganggap dirinya sebagai pemimpin global yang bersaing dengan Amerika Serikat dalam peran tersebut. Namun, untuk diakui sebagai pemimpin global sejati, Anda membutuhkan persetujuan dari seluruh dunia. Dengan kata lain, Anda membutuhkan "soft power" dalam jumlah besar.

Soft Power (Kemampuan Untuk Mengarahkan Pihak Lain, Tanpa Kekerasan)

Amerika Serikat memperoleh "soft power" ini setelah Perang Dunia II, di mana mereka memperoleh banyak poin "soft power" dengan mengalahkan Jepang dan Jerman. Dunia melihat Amerika Serikat dengan pandangan yang lebih positif. Jika China berhasil membawa perdamaian ke Timur Tengah, CCP akan mencapai hal yang sama. Negara-negara di Timur Tengah akan melihat China dengan pandangan yang lebih positif, yang pada gilirannya akan meningkatkan "soft power" China. Jika China ingin bersaing dengan Amerika Serikat sebagai pemimpin global, mempersatukan Iran dan Arab Saudi akan sangat membantu.

Kepentingan Bisnis

Jadi itu adalah motif pertama, yaitu "soft power". Motif kedua China untuk mengakhiri Perang Dingin adalah kepentingan bisnis di Timur Tengah. Perang Dingin telah menyebabkan banyak konflik di wilayah tersebut yang tidak menguntungkan kepentingan bisnis China. CCP ingin menghasilkan uang di Timur Tengah, dan Yaman adalah contoh yang baik untuk ini.

Dalam beberapa bulan terakhir, diplomat-diplomat China telah mengadakan lima pertemuan terpisah dengan pemerintah Yaman. Laporan CCP menyatakan bahwa Yaman memiliki potensi besar yang menunggu untuk dimanfaatkan.

Investasi Untuk Reskonstruki Pasca Perang

Ketika perang berakhir, China ingin berinvestasi dalam rekonstruksi pasca-perang dan pembangunan negara. Dengan kata lain, Beijing ingin menghasilkan banyak uang dan mendapatkan pengaruh yang besar dengan membawa perdamaian ke Yaman, untuk memberikan pengakuan kepada mereka.

Road And Belt Initiative (Dulu Disebut Dengan Silk Road atau Jalur Sutera)

Perdamaian adalah hal yang baik, tetapi skema investasi China ini telah membangun reputasi yang cukup buruk. Banyak proyek dalam Inisiatif Sabuk dan Jalan yang terkenal dari Xi Jinping telah gagal. Ketika China berbicara tentang merekonstruksi dan mengembangkan Yaman, Anda tidak boleh terlalu bersemangat (bunga hutang yang tinggi berkolaborasi dengan para pejabat korup).

Yaman akan menjadi bagian lain dari inisiatif Sabuk dan Jalan ini, yang tidak memiliki catatan yang baik untuk dirinya sendiri. Tetapi satu hal yang pasti, ini adalah perubahan besar bagi Yaman dan Timur Tengah secara keseluruhan. Salah satu Perang paling mematikan di abad ke-21 bisa berakhir, dan Timur Tengah bisa menjadi lebih stabil.


yah walaupun di belakangnya tentu saja ada motif atau tujuan yang ingin mereka capai... terserah lah, yang penting perang segera berakhir dan semoga rakyat di Yaman dapat memperbaiki kehidupan mereka. 

Comments

Popular posts from this blog

Pulsa Telkomsel Terpotong Sendirinya - Lho Koq Bisa?

Pengalaman Menjadi Mystery Shopper

Paket Unlimited Dari Telkomsel Ada Yang Bagus - Ada Yang Ribet