Mengapa Julian Assange (Pendiri Wikileaks) Sangat Dibenci Pemerintah Amerika

Saya melihat video di Youtube yang membahas tentang Julian Assange, videonya sangat menarik sehingga jadi mengerti mengapa pemerintah Amerika Serikat sangat ingin menghancurkan dia.

Berikut ini video dan alur ceritanya:


The Pentagon Papers

Pada tahun 1971, Ada seorang pria bernama Daniel Ellsberg, dia membocorkan apa yang akan dikenal sebagai Pentagon Papers. Dokumen-dokumen ini mengungkap seberapa buruknya tindakan militer Amerika di Vietnam. "Pentagon Papers adalah pengungkapan yang mengungkap bahwa pemerintah secara sistematis berbohong tidak hanya kepada publik tetapi juga kepada kongres," dan Presiden Nixon tidak senang dengan bocoran ini karena merupakan pelanggaran keamanan yang parah. 

Berarti itu bocor dari Pentagon, jadi sekarang saya akan memulai dari atas dan memberhentikan beberapa orang, maksud saya siapapun di departemen mana pun yang bocor, pecat orang teratas, orang yang membocorkan yaitu Daniel Ellsberg harus dihancurkan dan saya tidak bercanda, Nixon benar-benar memberitahu para pembantunya bahwa mereka perlu "menghancurkan orang berengsek itu dan saya tidak peduli bagaimana Anda melakukannya," Anda tidak bisa membiarkan orang Yahudi itu mencuri hal-hal itu dan luput dari hukuman," kita harus fokus pada hal yang paling penting, hal yang paling penting adalah Ellsberg, kita harus mendapatkan orang ini.

Sehingga Daniel Ellsberg dituduh dengan konspirasi, spionase, dan pencurian properti pemerintah dengan ancaman hukuman 115 tahun, tetapi tidak berhenti di situ, selanjutnya Nixon melakukan pembentukan sebuah unit investigasi khusus yang diberi nama "the plumbers" (tukang ledeng).

Tugas para "plumbers" tentu saja adalah untuk memperbaiki kebocoran, jadi mantan agen CIA dan FBI membobol kantor psikiater-nya Ellsberg untuk mencari informasi yang merugikan yang dapat mereka gunakan untuk mencemarkan reputasinya (biasa disebut dengan: "kill the messenger"). 

Namun mereka tidak menemukan apa-apa, kemudian mereka melanjutkan dengan melakukan penyadapan tanpa perintah pengadilan, dan CIA melakukan profil psikologis terhadapnya. Kita perlu prihatin karena tindakan tersebut diketahui sebagai tindakan ilegal, hanya setelah skandal Watergate dan penyelidikan yang mengikutinya, jaksa penuntut menemukan upaya ilegal ini terhadap "si pembocor" dan tuduhan-tuduhan tersebut dibatalkan. Tetapi pelajaran dari ini sangat jelas, jika Anda mengungkapkan tindakan kotor pemerintah, mereka tidak akan segan-segan untuk menghancurkan hidup Anda.

Munculnya Wikileaks

38 tahun kemudian, seorang pria tidak menghiraukan pelajaran ini. Pria ini terinspirasi oleh Daniel Ellsberg dan pengungkapan Pentagon Papers-nya, dan pria ini dikenal sebagai Julian Assange. Pada tahun 2006, Julian Assange mengambil peran yang ditinggalkan oleh Daniel Ellsberg dan mendirikan WikiLeaks. 

Selama 10 tahun terakhir, pemerintah Amerika Serikat telah berusaha dengan gigih untuk menangkap Assange dan mengajarkan pelajaran yang sama kepadanya, tetapi mereka tidak berhasil, namun sekarang tampaknya kesempatan mereka akhirnya datang. Biarkan saya memberikan berita terbaru bahwa pengadilan di London telah memutuskan bahwa pendiri WikiLeaks, Julian Assange, dapat diekstradisi ke Amerika Serikat. Julian Assange mungkin akan diekstradisi ke AS tahun ini untuk diadili atas tuduhan mata-mata, dan jika itu terjadi, itu berarti hukuman mati bagi Assange.

Selama 10 tahun terakhir, Assange telah bersembunyi dan berjuang demi nyawanya hanya karena ia mempublikasikan informasi rahasia pemerintah di situs web publik. Tetapi yang aneh adalah dia bukanlah yang bocorkan informasi tersebut sendiri, dia tidak membobol komputer apapun secara pribadi. Yang dia lakukan hanyalah mempublikasikan informasi tersembunyi yang diberikan kepadanya oleh orang lain. Hal ini dilakukan oleh para jurnalis setiap harinya, namun pemerintah Amerkia Serikat ingin menjebloskannya ke penjara atau bahkan memberikan hukuman yang lebih buruk.

Assange ingin membangun sebuah situs web di mana orang-orang dapat mengirimkan bocoran secara anonim dan memastikan bahwa informasi tersebut segera akan dipublikasikan. Pada dasarnya, WikiLeaks akan menjadi tempat untuk mengungkap rahasia yang dipercaya penting untuk diketahui oleh publik. 

Anda dapat mengirimkan informasi, data mentah, gambar, dan dokumen yang ingin Anda bocorkan. Assange dan timnya kemudian akan menganalisisnya, dan jika mereka menganggapnya cukup penting untuk dilihat oleh publik, mereka akan mengirimkannya kepada surat kabar, jurnal online, dan kadang-kadang mereka akan mempublikasikannya sendiri. 

Setidaknya, itulah rencana Assange. Menurut Assange, tidak mungkin dia akan mendapat masalah karena melakukan hal ini. Ribuan jurnalis di seluruh dunia mempublikasikan informasi rahasia yang mereka dapatkan dari sumber-sumber mereka setiap hari, mengapa WikiLeaks harus diperlakukan berbeda? Dan selama empat tahun pertama eksistensinya, Assange rupanya benar, ia cukup aman nampaknya.

WikiLeaks mempublikasikan informasi dari seluruh dunia, termasuk dokumen yang membuktikan mantan presiden Kenya yang korup, aktivitas kriminal yang diduga dilakukan oleh sebuah bank Swiss di Kepulauan Cayman, dan bahkan mereka melawan Scientology. Namun, tidak satu pun dari bocoran ini benar-benar membuat mereka mendapat perhatian. Meskipun menarik, mereka tidak menargetkan orang-orang yang cukup berkuasa.

Kejahatan Perang Amerika di Irak

Namun, pada tahun 2010, semuanya berubah. Analis intelijen Angkatan Darat AS, Chelsea Manning, mengirimkan hampir setengah juta dokumen kepada WikiLeaks. Dia mengunduh dokumen-dokumen tersebut dari basis data militer, mirip dengan Pentagon Papers tentang Perang Vietnam. Dokumen-dokumen ini mengungkapkan realitas perang di Irak, dan itu jauh lebih buruk. Bagaimana tentara Irak melakukan eksekusi dan penyiksaan terhadap seluruh keluarga sementara pasukan Amerika tidak melakukan apa-apa untuk menghentikannya, bagaimana sebuah helikopter serang Apache AS menembaki tentara musuh yang sedang menyerah, dan terkuak besarnya jumlah warga sipil yang tewas di Irak sebenarnya mencapai 60.000 orang, jauh lebih tinggi dari yang diakui oleh AS.

Julian Assange telah melakukan kesalahan fatal yang sama seperti Daniel Ellsberg dalam Pentagon Papers beberapa dekade yang lalu, dan sekarang dia akan membayar harganya. Berani amat  kamu Assange, seorang warga Australia, mempublikasikan informasi yang membuat Amerika terlihat buruk. Itulah pandangan umum dari pemerintahan Obama. 

Amerika Serikat dengan tegas mengutuk pengungkapan ilegal informasi yang sangat rahasia karena hal itu membahayakan nyawa orang-orang, mengancam keamanan nasional kita, dan merusak upaya kita untuk bekerja dengan negara lain dalam menyelesaikan masalah bersama (ucap Hillary Clinton).

Assange Diamankan Kedubes Ekuador

Assange telah membangunkan musuh pertamanya yang nyata, namun segera dia akan memiliki banyak masalah lain yang harus dihadapinya. Kami sering kali mempublikasikan laporan CIA yang sah, tetapi itu tidak berarti bahwa CIA mengatakan kebenaran. Pagi ini, setelah hampir tujuh tahun berada di dalam kedutaan Ekuador, Mr. Assange ditangkap karena gagal menyerahkan diri terkait proses ekstradisi tahun 2010. Julian Assange dituduh melakukan pemerkosaan terhadap seorang wanita di Swedia, meskipun dia belum resmi dituduh oleh Swedia, dia ditangkap oleh polisi Inggris.

Menurut persepsi Assange, jelas siapa yang ada di balik semua ini, yaitu Amerika. Mereka ingin dia pergi ke Swedia agar bisa diekstradisi ke Amerika, jadi segera setelah perintah ekstradisi ke Swedia diberikan, dia melarikan diri ke Kedutaan Ekuador di London, di mana duta besar memberinya suaka. Dan di situlah segala sesuatunya mulai menjadi sulit bagi Assange, dia benar-benar tinggal di apartemen kecil di tengah kedutaan. Dia memiliki kamar tidur, dapur kecil, dan bahkan belajar berskateboard saat ia menghabiskan tujuh tahun berikutnya hidupnya di apartemen kecil ini untuk menghindari penangkapan. Tetapi bahkan hal ini tidak menghentikannya untuk mempublikasikan bocoran lebih banyak lagi. Dari tahun 2012 hingga 2019, Julian Assange berhasil membuat marah setiap partai politik utama di Amerika serta kedutaan tempat dia tinggal.

Dia mempublikasikan surel Dewan Nasional Demokratik yang dia dapat dari seorang agen Rusia, dia memposting bocoran seluruh koleksi alat hacking super rahasia CIA, yang cukup mengganggu Donald Trump sehingga Trump berbohong dan mengatakan bahwa dia tidak tahu apa-apa tentang WikiLeaks. Kemudian Julian Assange berhadapan dengan presiden Ekuador yang baru, dan itu benar-benar titik tolak terakhir. Anda lihat, presiden Ekuador yang baru sebenarnya telah menjadi sasaran beberapa postingan WikiLeaks dan dia tidak terlalu senang menjaga Assange dari kemarahan Amerika. Jadi, pemerintah Ekuador memutuskan sudah waktunya untuk memutuskan hubungan dengan Assange.

Ditangkap kembali Oleh Polisi Inggris

Pada tanggal 11 April 2019, kedutaan mengundang polisi Inggris untuk masuk dan menangkap Julian Assange yang dipenjara di penjara Belmarsh karena melarikan diri dari jaminan dan menunggu permintaan ekstradisi dari Amerika Serikat. Sekarang Assange sedang menghadapi pertempuran hidupnya saat berada di kedutaan. Amerika Serikat telah menuntutnya secara rahasia dengan 18 dakwaan, jika mereka berhasil mendapatkan persetujuan ekstradisi ini, hidupnya akan berakhir. Jadi dia melakukan segala yang dia pikirkan untuk menghindari ekstradisi tersebut, dia mengajukan banding berkali-kali. Dia menikahi ibu dari anak-anaknya yang merupakan warga negara Inggris saat masih di penjara, dengan harapan itu akan memberikan alasan kepada hakim untuk menjaganya di Inggris.

Dia bahkan menunjukkan bagaimana tuduhan pemerkosaan yang dia hadapi di Swedia telah dicabut, tidak ada alasan bagi Inggris untuk menahannya di penjara. Amerika menggunakan pengaruhnya untuk menjatuhkan semua keputusan kepada mereka dan pada bulan April 2022, setelah lebih dari dua tahun di penjara, Julian Assange disetujui untuk diekstradisi ke Amerika Serikat. Julian Assange kini menghadapi kematian karena melakukan sesuatu yang dilakukan oleh setiap organisasi berita besar di dunia setiap hari.

Dakwaan Berlapis Siap Dikenakan

Pada tahun 2018, setahun sebelum Assange ditangkap di London, Departemen Kehakiman Amerika Serikat mengajukan dakwaan pidana rahasia terhadapnya atas perannya dalam WikiLeaks, jadi ketika Assange ditangkap setahun kemudian, dia tidak hanya menghadapi dakwaan melarikan diri dari jaminan. Oh tidak, dia menghadapi kemarahan penuh dari pemerintah Amerika! Anda lihat, di mata Amerika, Assange tidak hanya melakukan apa yang dilakukan oleh jurnalis yang baik dengan mempublikasikan bocoran, tetapi dia meminta bocoran itu dan menggunakannya untuk menghina Amerika, membagikan rahasianya dengan dunia, dan membuat badan intelijen mereka terlihat tidak kompeten.

Dianggap Musuh Pribadi

Kali ini, Amerika tidak mengejar seorang penjahat, ini adalah masalah pribadi. Tapi apa sebenarnya yang ada dalam 18 dakwaan yang diajukan terhadap Assange? Dakwaan pertama mungkin merupakan masalah terkecil bagi Assange, karena dakwaan tersebut secara dasarnya menuduh Assange berkonspirasi melakukan intrusi komputer, yang berarti AS memiliki bukti bahwa Assange berencana untuk meretas salah satu jaringan mereka. Untungnya bagi Assange, dia sebenarnya tidak pernah melakukan peretasan, jadi hukumannya maksimal untuk dakwaan tersebut adalah lima tahun, tetapi di situlah dakwaan-dakwaan kecil berakhir, dakwaan yang lebih besar lebih banyak lagi.

Undang-Undang Spionase

Lihatlah, semua 17 dakwaan lainnya terhadap Assange didasarkan pada Undang-Undang Spionase. Undang-Undang Spionase ini dibuat pada tahun 1917 selama Perang Dunia I dan pada dasarnya bertujuan untuk menghukum siapa pun di militer yang memiliki akses ke informasi penting atau rahasia agar tidak membagikannya kepada musuh. Chelsea Manning didakwa berdasarkan Undang-Undang Spionase karena dia pernah menjadi anggota militer dan membocorkan dokumen-dokumen tersebut sendiri, itu masuk akal. Namun, menurut pemerintah Amerika, dengan mempublikasikan dan membantu orang-orang untuk membocorkan rahasia pemerintah kepada publik, Julian Assange juga melanggar Undang-Undang Spionase.

Ancaman 170 Tahun Penjara

Tapi masalahnya, Assange bukanlah seorang prajurit atau petugas intelijen, dia tidak memiliki izin keamanan apa pun, bahkan dia bukan warga negara Amerika! Jadi bagaimana semua ini berlaku baginya? Dan ini setelah mengabaikan hal yang jelas bahwa Assange sebenarnya tidak pernah membocorkan atau mencuri informasi apa pun sendiri. Jika Assange diekstradisi ke Amerika Serikat, dia bisa menghadapi hukuman 10 tahun penjara untuk setiap dakwaan melanggar Undang-Undang Spionase, itu berarti 170 tahun penjara, belum termasuk hukuman yang mungkin dia terima untuk dakwaan percobaan peretasan.

Chelsea Manning, analis militer yang mencuri dan membocorkan hampir 750.000 dokumen rahasia militer, dijatuhi hukuman 35 tahun penjara. Setelah hampir tujuh tahun di penjara, hukumannya dipotong dan dia dibebaskan. Bagaimana mungkin seorang anggota militer yang mengakui mencuri ratusan ribu dokumen bisa mendapatkan hukuman 35 tahun penjara, sedangkan orang yang mempublikasikan bocoran-bocoran tersebut, hanya mempublikasikannya saja, bisa menghadapi ancaan kematian?

Dan bagaimana dengan semua surat kabar dan majalah yang menulis cerita tentang bocoran-bocoran tersebut? Apakah mereka juga akan menghadapi dakwaan pidana?

Kesehatan Mental Memburuk

Saat ini Assange bukanlah aktivis muda yang penuh semangat seperti dulu lagi, setelah tujuh tahun terkurung di dalam kamar kecil, tujuh tahun melakukan segala cara untuk menghindari penangkapan, tujuh tahun selalu melihat ke belakang, kesehatan mental Assange semakin memburuk seiring berjalannya waktu. Assange bahkan tidak tahu apa saja dakwaan terhadapnya, baginya, dia bisa saja dihadapkan pada hukuman mati, dan tekanan semacam itu memberikan dampak yang besar pada dirinya, dan kemudian berpindah dari isolasi di kedutaan ke lingkungan penjara keamanan maksimum yang dingin dan tidak bersahabat hanya membuat semuanya semakin buruk.

Penyiksaan Psikologis

Pada bulan Mei 2019, dokter-dokter yang mengevaluasi Assange mengatakan bahwa dia menunjukkan tanda-tanda jelas penyiksaan psikologis. Mr. Assange menunjukkan semua gejala yang umum terjadi pada orang yang telah terpapar penyiksaan psikologis yang berkepanjangan. Dengan kata lain, Julian Assange telah mencapai titik puncaknya jika ekstradisi dilanjutkan dan Assange dibawa ke Amerika untuk diadili.

Diarahkan Untuk Bunuh Diri

Satu dari tiga kemungkinan mungkin akan terjadi menghadapi semua trauma dalam 10 tahun terakhir dan prospek menghabiskan sisa hidupnya di penjara, Julian Assange mungkin akan bunuh diri atau seperti orang kita, Jeffery Epstein, Assange mungkin menjadi korban "bunuh diri bantuan", hukuman standar bagi mereka yang memiliki terlalu banyak informasi sensitif tentang orang-orang berkuasa. Dan jika Assange tidak bunuh diri atau terbunuh dalam beberapa bulan pertama, dia akan menghabiskan tahun-tahun terakhir hidupnya membusuk di dalam penjara keamanan maksimum ala Guantanamo.

Sama Saja Dengan Hukuman Mati

Tidak peduli jalur mana yang diambilnya, mengekstradisi Julian Assange ke Amerika sama saja dengan hukuman mati. Dari situ, Undang-Undang Spionase akan mencapai bentuk akhirnya, yaitu undang-undang tanpa batas yang akan memungkinkan pemerintah AS untuk membungkam setiap jurnalis.



Comments

Popular posts from this blog

Pulsa Telkomsel Terpotong Sendirinya - Lho Koq Bisa?

Pengalaman Menjadi Mystery Shopper

Paket Unlimited Dari Telkomsel Ada Yang Bagus - Ada Yang Ribet