Crazy Friday

Crazy Friday, alias "Jum'at Gila" merupakan istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan gonjang-ganjingnya Foreign Exchange Market atau pasar forex yang biasanya emang terjadi di hari Jum'at, terutama saat dilirisnya pengumuman US Nonfarm Payroll setiap bulan pada hari jum'at minggu pertama, dimana range mata uang seperti Pound Sterling (GBP) dapat mengalami volatilitas di atas 200 poin.

Namun pada hari Jum'at kemarin, terjadi volatilitas yang cukup tinggi yang disebabkan oleh semakin memburuknya perekonomian Amerika diperparah oleh melambungnya harga minyak dunia yang sempat menyentuh $111 per barrelnya, dan harga emas meroket sempat mencapai $1000 per troy ounce nya, kabar buruk buat yang akan menikah dalam waktu dekat ini sebab diperkirakan harga emas eceranpun akan terus meningkat (buat Omen cepat-cepat geura beli emas buat mas kawin :D )

Dollar terpantau anjlok ke level 98.90 yen, terendah sejak September 1995. Sebelumnya sempat diperdagangkan pada level 99.32 yen dari 100.65 kemarin. Dollar juga terpantau merosot ke level terendah sepanjang masa yaitu $1.5688 per euro dari $1.5635 kemarin dan $1.5355 minggu lalu. Berita-berita yang buruk, ditambah spekulasi penurunan suku bunga, memicu investor untuk menjual dollar dan menjual saham. Kepercayaan investor terhadap dollar semakin menurun.

Saya sendiri melakukan transaksi beli GBP/USD di 2.0055 sejak tanggal 11 maret 2008 dan baru di close pada hari jum'at itu di 2.0288 padahal sempat menyentuh 2.0385, berbeda dengan Euro yang terus menguat, Poundsterling mengalami perlemahan sebelum US Market closed, begitu pula dengan GPB/JPY yang terus menurun, seiring dengan menguatnya Yen terhadap USD.

GBP/JPY mengalami penurunan sebesar 512 poin, gila bener... dan yang lebih parahnya lagi, setelah taking profit sebesar 233 poin di GBP/USD saya masuk posisi lagi dengan membeli GBP/JPY, untung saja sempat di "Hedging" dengan menjual GBP/JPY, jadi kerugian yang fatal tidak terjadi, namun tetap saja overallnya LOSS... Cape Deegh....

Mari kita saksikan pergerakan pasar minggu depan, rumornya sie, amrik bakal menurunkan tingkat suku bunganya sebesar 75 basis poin lagi menjadi 2.25% (sekarang 3%), katanya sih jurus buat menangkis resesi Amrik yang udah di depan mata, tapi klo diturunkan biasanya USD suka melemah, siap-siap jual Dollar lagi ahh.... :D


Keterangan Screen Capture:

Range:

EUR/USD : 142 poin
GBP/USD : 215 poin
USD/JPY : 220 poin --> (Yen jarang-jarang nie kayak gini)
GBP/JPY : 512 poin

Comments

Popular posts from this blog

Kejadian Memalukan di Pintu Gardu Tol Otomatis (GTO)

Pengalaman Menjadi Mystery Shopper

Review Perbandingan Antara Iflix dengan Hooq