Bobotoh Anarkis = Preman


Gara-gara kekisruhan pertandingan antara Persib dengan Persija bulan yang lalu yang dilakukan oleh oknum bobotoh yang melakukan tindakan anarkis, Persib Bandung diberi hukuman berupa larangan mengenakan atribut Persib bagi supporternya yang dikenal dengan bobotoh, ditambah lagi Persib tidak diberikan izin bertanding di seluruh stadion sepakbola di Jawa Barat oleh Kapolda Jawa Barat.

Hukuman itu menurut saya tidak adil, mengapa? soalnya mereka yang mengaku-ngaku bobotoh/supporter Persib itu sebenarnya bukanlah Pendukung Persib! buktinya saya pernah melihat dengan mata kepala sendiri mereka berkonvoi dengan pongahnya membelah jalan dengan knalpot yang meraung-raung dengan memakai atribut Persib, sementara Persib sendiri sedang bermain di stadion Siliwangi, Gila ga tuh! ngaku-ngaku pendukung/supporter/bobotoh tapi mereka tidak menonton pertandingan Persib itu sendiri...

Saya bukan penyuka sepak bola, tapi klo persib bermain, saya pasti ingin Persib menang walau bagaimanapun juga Persib merupakan kesebelasan sepakbola tidak hanya menjadi kebanggaan bagi warga Bandung, akan tetapi kebanggaan masyarakan Jawa Barat pada umumnya.

Teman-teman saya pencinta berat Persib tidak pernah melakukan tindakan anarkis apabila menonton langsung di stadion, bila harus menonton melalui tv mereka biasanya merekam siaran tersebut untuk ditonton kemudian.

Dulu, saya sering melihat ada razia yang dilakukan oleh polisi apabila Persib bermain di Bandung, misalnya di dekat Mc Donnald Setiabudi untuk Bandung Timur, lalu di daerah Cileunyi untuk daerah Bandung Barat, apakah pada saat itu razia tetap dilakukan atau tidak? saya ga tau. Razia tersebut menurut saya cukup penting, sebab pembuat onar itu sebenarnya adalah anggota gank bermotor yang beberapa waktu yang lalu diburu secara intensif oleh pihak kepolisian dan intensitasnya semakin menurun.

Menurut saya Kapolda jangan begitu saja memberikan hukuman kepada Persib, akan tetap turut mencegah kemungkinan terjadinya tindak anarkis itu sedini mungkin, misalnya dengan melakukan razia diberbagai titik strategis sebelum Persib bermain atau menempatkan intel di antara penonton, begitu ada penonton yang agresif langsung diamankan dsb.

Yah... semoga Persib bisa bermain dengan baik di musim ini, dan bisa memberikan hasil yang terbaik untuk masyarakat Jawa Barat.

Comments

dewi said…
setuju lah fei ;)

Popular posts from this blog

Kejadian Memalukan di Pintu Gardu Tol Otomatis (GTO)

Pengalaman Menjadi Mystery Shopper

Review Perbandingan Antara Iflix dengan Hooq