Saturday, September 17, 2016

Cara Mengecek Koneksi Internet Dengan Aplikasi Internet Speed Meter Lite

Apakah anda pernah mengalami saat surfing menggunakan smartphone, tapi loadingnya lama? Bisa jadi hal itu disebabkan oleh koneksi internet yang tidak stabil atau putus nyambung, lalu bagaimana caranya agar kita bisa tahu apakah ada koneksi internet yang tersambung dan seberapa cepat koneksinya?

Untuk mengetahui seberapa cepat koneksi internet bisa menggunakan aplikasi speedtest.net namun ada lagi aplikasi cukup simpel yang membantu kita untuk bisa mengetahui apakah ada koneksi saat ini dan seberapa cepat?

Internet Speed Meter Lite di Google Playstore
Internet Speed Meter Lite di Google Playstore

Anda bisa menggunakan aplikasi yang bernama Internet Speed Meter Lite, aplikasi ini
sangat ringan namun fungsinya sangat membantu sekali untuk mengetahui apakah koneksi internet kita jalan atau mandeg, kalau koneksinya jelek atau mandeg biasanya hanya terbaca 0-1 KB/s apa yang bisa diharapkan dengan koneksi seperti itu kan?

Dengan mengetahui hal itu kita bisa melakukan  switch koneksinya ke ISP yang lain atau pilih-pilih koneksi wifi yang tersedia. Dari pengalaman saya dengan kecepatan 100 – 200 KB/s maka aktifitas untuk browsing berjalan dengan cukup lancar dan nyaman, hanya untuk menonton video di youtube agak terhambat kecuali kualitas videonya diturunkan atau di buffer dulu baru di play kemudian.

Selain hal tersebut di atas, dengan aplikasi ini kita dapat mengetahui berapa banyak data yang telah  digunakan, hal tersebut cukup membantu apabila kita menggunakan internet dengan Kuota Base, jadi  bisa siap-siap atau dihemat bila kuota sudah mendekati batasnya.

Berfungsi untuk mengetahui jumlah kuota data yang digunakan
Berfungsi untuk mengetahui jumlah kuota data yang digunakan

Dengan aplikasi ini juga saya mengambil kesimpulan/percaya bahwa ISP yang saya gunakan melakukan “Throtling” atau dengan sengaja membatasi kecepatan internet dari yang seharusnya kita dapatkan, kadang lagi asyik-asyik download file yang berukuran cukup besar, tiba-tiba internetnya menjadi lambat atau bahkan mati padahal lampu di modem pada nyala semua, yang artinya seharusnya tidak ada masalah, tapi kenyataannya internetnya gak jalan.

Masih mending sih kalau ada aturan tertulisnya, seperti yang pernah saya baca (dulu) di SmartFren ada keterangan:”Dilarang melakukan eksploitasi terhadap sumber daya jaringan kami, misalnya dengan aktivitas peer to peer (Torrent)” nah kalau serpeti itu kan jelas, tinggal ganti aja providernya :p

Oya, aplikasi Internet Speed Meter Lite ini tersedia di Google PlayStore secara gratis, namun tersedia pula versi berbayarnya dengan fitur-fitur yang lebih lengkap. Tapi yang gratisan pun sudah cukup memuaskan koq.


Selamat menggunakan ;)

No comments: