Apa Itu Bitcoin? dan Mengapa Harganya Sangat Tinggi Saat Ini?

Apa Itu Bitcoin?
Sepengetahuan saya, Bitcoin adalah mata uang virtual/Digital/Elektronik yang dikembangkan oleh seseorang (atau sebuah tim?) dengan nama samaran Satoshi Nakamoto. Bitcoin ini berbeda dengan mata uang yang umumnya kita kenal seperti USD, EURO, JPY, Pound Sterling, AUD, Rupiah dan lain-lain karena Bitcoin ini tidak terpusat, melainkan melalui jaringan peer to peer mirip cara kerja Torrent, sedangkan misalnya USD dikendalikan oleh The Fed.

Mata Uang DIgital - Bitcoin
Mata Uang DIgital - Bitcoin
Dengan cara kerja melalui peer to peer inilah maka Bitcoin disebut tidak tersentralisasi maka dia tidak dapat diintervensi oleh pihak-pihak seperti pemerintah, Bank Sentral, maupun organisasi tertentu, jadi cukup terbuka juga sih kemungkinan terjadinya pencucian uang atau money laundry, oleh karena itu Bank Indonesia (BI) baru-baru ini melarang dilakukannya transaksi menggunakan mata uang digital seperti Bitcoin, Litecoin dan sejenisnya.

Dulu yang sering trading sebelum tahun 2012 mungkin familiar dengan yang namaya E-Gold atau Liberty Reserve yang berperan seperti pengganti mata uang resmi, namun mereka ini tidak dapat bertahan karena adanya tuntutan/desakan dari pihak-pihak yang tidak setuju dengan adanya E-Currrency ini, maka mereka menutup secara paksa kegiatan tersebut.

Nah bedanya dengan Bitcoin ini, mereka tidak akan bisa menutup peredaran Bitcoin karena memang tidak ada pusatnya karena servernya pun tersebar di seluruh dunia, siapapun yang menggunakan Bitcoin ini. Satu-satunya cara untuk menghentikan peredarannya yaitu dengan mematikan internet di seluruh dunia. whew.... Jadi inget dengan SkyNet di film Terminator 3 :D

Lalu kenapa baru-baru ini, terutama di tahun 2017 ini harga bitcoin dan kawan-kawannya meroket sangat tinggi? saya baru mengenal Bitcoin pada tahun 2014an waktu itu harganya sekitar $300-$400 per bitcoin itu pun setelah turun dari harga tertingginya sekitar $1000an per bitcoin. Dari sini terlihat sepertinya bitcoin ini bubble yang mau pecah dari harga $1000 terjun ke kisaran $300-$400 ngeri juga kan....

Tapi Bitcoin ternyata masih terus bertahan, mulai pertengahan tahun 2016 harganya merangkak naik menjadi rata-rata $700an per bitcoinnya, kemudian lambat laun terus meningkat nilainya ke kisaran $1200 di bulan Februari tahun 2017, naik secara agresif menjadi $2700 di bulan Mei 2017, koreksi terjadi di bulan juli 2017 turun ke  $1700, dari juli sampai dengan Agustus terjadi kenaikan yang sangat signifikan ke angka $5000 wow...

Pergerakan harga bitcoin dari tahun 2016 sampai 2017
Pergerakan harga bitcoin dari tahun 2016 sampai 2017

Kemudian koreksi kembali ke $2900 di bulan September, ternyata jadi ancang-ancang buat meroket ke $8000 di bulan November 2017, koreksi sebentar turun sampai $5000 masih di bulan November. Masih di bulan November sampai dengan Desember 2017 nilai bitcoin kembali meroket ke kisaran $11,000 dan masih stabil dengan trend naik sampai artikel ini ditulis.

Nah apa sih latar belakang sehingga Bitcoin ini harganya meroket seperti itu? 

Ada berbagai macam opini, diantaranya adalah adanya "perang ekonomi" antara Cina dengan Amerika Serikat. Dikatakan bahwa siapa yang menguasai bitcoin akan menguasai perkekonomian dimasa depan. Naik turunnya harga bitcoin selaras dengan rumor-rumor yang berkembang saat itu. Misalnya keluar berita bahwa China akan melegalkan penggunaan bitcoin di negara tersebut maka dalam waktu singkat bitcoin meroket harganya, kemudian keluar lagi berita amerika akan melarang penggunaan bitcoin di negaranya, maka harganya turun dengan sangat drastis.

Sepertinya mereka-mereka inilah yang menggerakan harga, saat dikeluarkan berita negatif tentang bitcoin ini harganya terjadi koreksi yang cukup dalam, kemudian mereka ini pula yang membeli bitcoin dengan kuantitas yang besar disaat harga terkoreksi sehingga harganya meroket sangat tinggi, kejadian tersebut berulang-ulang sehingga terlihat dari "price history" diatas.

Banyak rumor yang menyebutkan bahwa bitcoin ini akan terus meningkat harganya sampai $25,000 bahkah ada yang mengatakan harganya akan mencapai $40,000 di masa depan. Siapa yang tahu?

Opini yang lain, seperti yang dikatakan oleh pakar bisnis dan investasi, Robert Kyosaki mengatakan penyebab bitcoin meroket dikarenakan oleh 3 hal ini:

  1. Dollar sudah tamat, dahulu USD ditunjang oleh emas, sekarang Dollar hanyalah lembaran kertas dan angka-angka digital yang "dipercaya" berharga.
  2. Korupsi dan human error merajalela pada semua mata uang di seluruh dunia.
  3. Pemerintahan dan birokrat yang mengendalikan uang.

Robert Kyosaki dan Istrinya (Kim Kyosaki)
Robert Kyosaki dan Istrinya (Kim Kyosaki)
Kebalikannya dari Bitcoin adalah:
  1. Bitcoin tidak dapat di hack, hal utama yang menunjangnya adalah kemanan, stabil dan tersedia secara global.
  2. Cenderung aman dari kesalahan manusia/human error. Tidak diperlukan seorang banker atau penengah untuk menjual dan membelinya.
  3. Dikendalikan oleh pemiliknya sendiri, tidak dikendalikan oleh pemerintah atau suatu negara manapun.

Mengenai Bitcoin tidak dapat dihack maksudnya pada saat ternyadinya transaksi pertukaran sangat aman, sedangkan terjadinya kasus kasus hack pada akun adalah kesalahan dari pemiliknya sehingga bobolnya password dari wallet btc tersebut.

Apakah Bitcoin sebuah bubble/Gelembung yang siap pecah?
Tidak ada yang tidak mungkin, walaupun seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa btc ini sedang diperebutkan dominasi nya oleh dua negara adidaya, yaitu Amerika Serikat dan China. Kemungkinan terjadinya bubble ini bisa saja terjadi.

Pernah dilakukan eksperimen oleh responden "Business Insider" di Amerika Serikat, membeli satu bitcoin senilai $4000an saat itu dan Emas Batangan dengan nilai yang sama. Dia mencoba melakukan transaksi dengan kedua hal tersebut. Hasilnya dia mengalami kesulitan dalam melakukan trasnsaksi yang umum sehari-hari, terutama menggunakan emas batangan, hampir tidak ada yang menerima pembayaran dengan menggunakan emas batangan, begitupula dengan bitcoin bahkan di cafe-cafe yang dikatakan menerima pembayaran dengan "bitcoin" telah tutup. Namun uniknya di sekolah anaknya, mereka menerima bitcoin untuk pembayaran biaya sekolahnya.

"Eksperimen transaksi mengunakan bitcoin dan emas batangan"

Jadi, sebesar apapun nilainya bila sulit digunakan sebagai alat transaksi sehari-hari nampaknya akan sulit, apalagi otoritas keuangan kebanyakan belum melegalkan transaksi menggunakan bitcoin ini, sepertinya mereka juga berusaha untuk mempertahankan dominasinya dengan mempertahankan mata uang sebagai alat pembayaran yang sah.

Akan seperti apakah mata uang digital cryptocurrency di masa depan? Mari kita nantikan bersama ;)

Comments

Popular posts from this blog

Just Dance Now, Game Seru Bermain Sambil Berolah Raga

Pengalaman Menjadi Mystery Shopper

Review Perbandingan Antara Iflix dengan Hooq