Google Doodle Kids Coding Languages Atau Bahasa Pemrograman Untuk Anak

Ada yang lucu dan unik dari Google Doodle hari ini, yaitu Kids Coding Languages atau Bahasa Pemrograman untuk anak. Ternyata pemrograman bahasa untuk anak ini telah ada sejak 50 tahun yang lalu. Wow... Sebagai bagian dari minggu pendidikan dan komputer sains.

Google Doodle kali ini berupa seperti permainan untuk anak-anak, tampilannya berupa kelinci imut yang mempunyi misi memakan wortel sebanyak mungkin, nah cara memainkannya adalah dengan menempatkan blok-blok seperti puzzle dengan tanda-tanda seperti anak panah, berputar atau menyelesaikan suatu putaran (loop).

Google Doodle Kids Coding Languages - Bahasa Pemrograman Untuk Anak-Anak
Google Doodle Kids Coding Languages - Bahasa Pemrograman Untuk Anak-Anak

Kita bisa menggerakkan kelinci tersebut untuk mengambil wortel-wortel yang tersedia, dengan menempatkan blok puzzle tadi sesuai dengan gerakan yang kita inginkan. Terlihat seperti mudah, tapi setelah dicoba acap kali salah menempatkan blok-blok tersebut sehingga si kelinci malah berputar-putar ditempat hahaha....

Google Doodle ini bertujuan untuk mengajarkan penggunanya bagaimana cara menggambarkan cara membuat kode dasar. Alat pembuat koding ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman yang bernama "Scratch" untuk anak-anak. Scratch ini dikembangkan oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Pekan Kids Coing Languages atau Bahasa Pemrograman Untuk Anak ini dimulai dari tanggal 4 Desember sampai dengan tanggal 10 Desember, dan Google Doodle ini adalah awalan yang baik untuk dicobakan kepada anak-anak anda, kabar baiknya ada banyak tempat atau situs untuk belajar mengenal bahasa pemrograman untuk anak-anak secara gratis, dan Google Doodle kali ini bisa menjadi langkah awal buat anak anda belajar.

Google Doodle - celebrating 50 years of kids coding
Google Doodle - celebrating 50 years of kids coding

Silahkan dicoba saja sendiri, cukup mengasyikan dan menghibur, sekaligus dapat melatih otak juga untuk berfikir. Mantabh kan... ;)


Comments

Popular posts from this blog

Just Dance Now, Game Seru Bermain Sambil Berolah Raga

Review Perbandingan Antara Iflix dengan Hooq

Pengalaman Menjadi Mystery Shopper