Pengalaman Upgrade Kartu 4G Axis di XL Center

Sudah lama sebenarnya saya pakai Axis, dulu dapat diandalkan buat internetan, tapi semenjak pakai HP 4G internetannya jadi pake Telkomsel dan si Axis ini jadi terabaikan. Sampai seminggu yang lalu tepatnya sebelum tanggal 28 Februari 2018 dimana merupakan batas waktu terakhir untuk mendaftarkan atau meregistrasi SIM Card yang dimiliki.

Sebagai iming-imingnya, para operator telepon seluler menggoda usernya untuk meregistrasi dengan memberikan berbagai bonus, yang paling mantabh sih Telkomsel sebenernya menurut saya, soalnya dia menawarkan bonus kuota 10 GB! lumayan lah walaupun cuma berlaku buat 3 hari, dimanfaatkan saja buat sedot film-film :D di rumah saya ada tiga buah kartu simpati yang aktif, setelah didaftarkan semua lumayan dapat 30 GB totalnya. Nah sedangkan Axis ini hanya menawarkan kuota 500 MB saja tapi agak lumayan soalnya berlakunya buat 7 hari.

Setelah di registrasikan, dapatlah bonus kuota yang dijanjikan yaitu 500 MB yang berlaku selama 7 hari kedepan. Namun setelah di switch ke Axis (karena hp mendukung dual SIM) kenapa hanya dapat EDGE dan kecepatannya pun sangat menyedihkan :( kemudian saya ingat kartu Axisnya masih 3G belum 4G.

Menuju XL Center Jl. Martadinata - Bandung

Okelah, besoknya saya berencana untuk menukarkannya ke XL Center. Untuk mengetahui tempatnya langsung cek di Google Maps cari lokasi XL Center terdekat dari lokasi saya, ketemulah tempatnya di Jl. R.E Martadinata No.7 Bandung. Saya lihat di Google Maps lokasinya di sebrang sekolah Taruna Bakti, agak bingung juga sih seingat saya gak pernah liat XL Center di sekitar situ, tapi biarlah cobain aja dicari pake motor biar cepet. Nah benerkan ternyata tidak ada di sekitar situ, saya tanya ke petugas parkir yang ada disana katanya di ujung Jl. Martadinata masuknya dari Jl. Wastukencana. Nah disinilah pentingnya Google Local Guides, pentunjuk-petunjuk menyesatkan seperti ini harus segera diperbaiki ;) beberapa hari kemudian saya edit di Google Maps alamat yang salah tersebut, namun sampai dengan sekarang masih belum ada tanggapan sih, dan kemungkinan gak akan berubah, soalnya kalau editan kita diterima, gak pake lama juga langsung di approve.

Kembali lagi ke XL Center, setelah memutar ke Jl. Wastukencana masuklah ke Jl. Martadinata lokasinya di dekat perempatan jalan posisinya sebelah kiri, setelah parkir saya ingat dulu pernah masuk ke sini, waktu itu XL mengakuisisi Axis dan mengganti namanya menjadi XL-Axiata kemudian para pemilik kartu Axis diminta untuk menukarkan kartu lamanya dengan kartu yang baru di sini, saat itu dibuat tenda di area parkirnya untuk proses penukaran kartu tersebut serasa dianak tirikan karena berada di luar gedungnya mana lagi panas panasnya hehe...

Setelah masuk ke gedungnya, di dalam ada satpam yang membantu memberikan nomor antrian. Wow... ternyata di dalamnya penuh banget banyak yang datang, entah apa saja keperluannya, namun perkiraan saya untuk masalah registrasi, soalnya  waktu itu kabarnya ada banyak yang bermasalah saat melakukan registrasi. Sambil menunggu, saya melihat lihat keadaan di dalam gedung tersebut, di dalamnya cukup nyaman dan udaranya sejuk karena ber AC kontras dengan di luar yang lagi panas udaranya.

Saat menunggu, saya melihat ada alat yang cukup menarik perhatian saya, bentuknya kotak dan ada keterangannya yaitu: PAYPOINT. Paypoint ini rupanya dapat digunakan untuk pembelian pulsa, pembayaran paska bayar, registrasi kartu prabayar dan beli paket nelepon dan internet.

paypoint di xl center
paypoint di xl center
Penasaran saya cobain buat beli pulsa disitu, setelah diminta memasukkan nomor Axis atau XL maka otomatis dia mengirimkan kode untuk verifikasi, setelah cocok keluarlah data seperti jumlah pulsa yang ada, masa berlaku dll. kemudian saya melakukan pilihan untuk membeli pulsa setelah itu mesin tersebut meminta untuk memasukkan uang cash dengan nominal sesuai yang dipilih. Nah, disini saya bingung soalnya ada 2 lubang nah lubang yang mana yang dipilih untuk memasukkan uang tersebut, saya coba kedua-duanya tidak berhasil, uang yang saya masukkan tidak ditarik ke dalamnya, setelah dicoba gagal lagi dan tidak ada petugas di sekitar, saya putuskan untuk membatalkan ordernya.

Tapi beli pulsa tetep jadi, tapi menggunakan aplikasi Ayopop yang masih terinstall setelah dulu dapet bonus 100 ribu dari Google Local Guides :D dan pembayarannya dilakukan pakai aplikasi Jenius dari Bank BTPN.

Setelah menunggu cukup lama, karena banyaknya antrian, akhirnya tiba giliran saya dipanggil oleh customer servicenya, saya katakan mau menukarkan kartu ke 4G, kemudian CS nya meminta data KTP dan memberikan formulir permohonan penukaran kartu. CS tersebut melayani dengan ramah dan cukup cekatan sehingga gak pake lama kartunya sudah diganti deh dengan kartu Axis 4G secara gratis :D


Test Kecepatan Internet Axis 4G

Setelah itu tibalah waktunya untuk menjajal kemampuan dari kartu AXIS 4G ini, setelah dilakukan test speed berkali-kali di berbagai tempat yang berbeda, opini saya tentang kartu ini adalah: "Tidak Stabil" kadang kecepatannya saat di test sangat lambat apalagi untuk ukuran 4G, namun pernah juga mencapai kecepatan tertinggi yang pernah saya coba selama melakukan pengetesan dengan aplikasi ini (saya menggunakan aplikasi speed test dari Ookla) yang mencapai kecepatan 40 Mbps. Kalau kartu Simpati dari Telkomsel yang saya coba rata-rata kecepatannya 20-30 Mbps, jarang bisa lebih dari itu, dan kalaupun lebih paling cuma sampe 31-32 Mbps dan itupun sangat jarang. Nah, kalau Axis 4G itu pernah dapet kurang dari 1 Mbps kemudian 30-35 Mbps, sampe hampir habis tuh kuota gratisan cuma buat speed test doank whew...

Speedtest Axis 4G dapet 41 Mbps
Speedtest Axis 4G dapet 41 Mbps

Namun setelah habis kuotanya hanya dalam waktu 2 hari, saya putuskan untuk membeli paket internetnya sebagai backup koneksi internet, soalnya pada beberapa lokasi Axis ini lebih dapat diandalkan dibandingkan dengan Telkomsel yang saya pakai, saat sinyal Telkomsel ngedrop maka waktunya si Axis beraksi. Meskipun demikian umumnya sinyal dari Telkomsel ini lebih dapat diandalkan sih, jadi yah sebagai pelengkap saja si Axis ini.

Paket Internet yang saya gunakan:

Saya membeli paket kuota sebesar 2 GB yaitu Paket Bronet 4G OWSEM 2 GB 30 hari seharga Rp 23.900 cukup murah kan... paket ini dibagi menjadi 2 yaitu 24 jam di jaringan 4G sebanyak 1 GB dan 1 GB lagi di jaringan 2G/3G/4G 24 jam.

Kelebihannya dari paket ini gak terlalu ribet, yaitu berlaku 24 jam dan dimanapun di seluruh indonesia yang ada jaringan XL-Axis nya. Selama kita terkoneksi dengan jaringan 4G maka itulah yang didapat.


Paket Internet Bronet 4G OWSEM Axis

Sedangkan untuk kartu Simpati saya menggunakan paket Discovery 30 GB yaitu: Flash 500 MB, 1,5 GB lokal, 5 GB 4G lokal, 13 GB (00-07) lokal, 10 GB kuota videomax, 20 ribu pulsa Telkomsel (00-12) seharga 70 ribu. kayaknya gak bisa lepas dari paket ini soalnya bisa diakumulasi, jadi walaupun tidak habis kuotanya akan di roll over/ditambahkan dengan kuota yang baru selama belinya sebelum paket yang ada sebelumnya berakhir. Walaupun lumayan ribet karena hanya berlaku di area lokal yaitu lokasi dimana paket tersebut diaktifkan dan waktu pakai yang berbeda-beda seperti ada kuota midnight, videomax yang jarang terpakai dan kuota flash nasionalnya yang sangat kecil yaitu hanya 500 MB, namun apabila jarang keluar kota maka paket ini cukup hemat dan menguntungkan apalagi bisa di roll over juga.

Paket internet Discovery Telkomsel
Paket internet Discovery Telkomsel

Intinya paket internet yang saya gunakan saling melengkapi satu sama lainnya, semoga Axis 4G ini bisa lebih dapat diandalkan ke depannya, saat ini para Operator telepon seluler aktif menawarkan berbagai paket-paket yang menggiurkan bagi masyarakat, dengan harga yang semakin murah, kuota semakin berlimpah dan kualitas jaringan semakin baik dan mungkin beberapa tahun ke depan teknologi 4G ini akan menjadi usang digantikan oleh teknologi berikutnya yaitu 5G, let's see....

Comments

Popular posts from this blog

Review Perbandingan Antara Iflix dengan Hooq

Pengalaman Menjadi Mystery Shopper