Hati-Hati, Akun Facebook Atau Go-Jek Anda Bisa Kena Hack Melalui Pesan Whatsapp dan SMS

Hari ini saya menerima pesan di Aplikasi Whatsapp, pengirimnya berdasarkan foto profil dan badgenya dari Facebook, tapi hal ini tentu saja mengundang kecurigaan saya, isinya berupa kode dan link untuk konfirmasi, apalagi saya tidak melakukan aktivitas apapun dengan aplikasi maupun web facebook pada jam tersebut jadi yah dibiarkan saja. Isi pesannya seperti ini:

Isi pesan verifikasi melalui Whatsapp
Isi pesan verifikasi melalui Whatsapp

dan profil pengirimnya seperti ini:

Profil Facebook di Whatsapp
Profil Facebook di Whatsapp

Penasaran juga kan ini apaan sih maksudnya, setelah browsing kesana kemari, diambil kesimpulan  bahwa ini merupakan upaya untuk menghack akun facebook saya dengan metode pemulihan akun dengan menggunakan nomor telepon terdaftar di facebook.

Bukan berarti ada orang jahil di daftar teman facebook pelakunya, tapi memang ulah orang-orang jahat yang mempunyai list nomor-nomor telepon, dan dicoba secara acak. Ini sama seperti para penipu yang secara acak mengirimkan pesan penipuan "Transfernya ke no rek ini saja bla bla bla..." atau "anda mendapatkan hadiah dari PT. Blablabla sebesar 10 juta, hubungi no kontak ini...."

Intinya bila saya misalnya mengklik tautan (link) yang ada dalam pesan tersebut, maka secara otomatis orang yang melakukan upaya masuk ke akun dengan metode pemulihan akan masuk ke dalam akun saya dan melakukan kejahatan, umumnya kejahatannya berupa penipuan mengatas namapan akun yang di hacknya itu tadi, misalnya dengan meminjam uang atau pura-pura menjual barang dll.

Penasaran juga itu nomernya nomer siapa sih sebenarnya? dengan prefix +1 berarti nomor tersebut berasal dari Amerika Serikat, apakah penipunya berasal dari Amerika? setelah saya browsing-browsing lagi ternyata nomor tersebut memang berasal dari Facebook,

Nomor Kontak Facebook Internasional
Nomor Kontak Facebook Internasional

Yah, masuk akal juga, kan si penipu memang berupaya masuk melalui metode pemulihan akun, jadi secara otomatis sistem di Facebook akan meng-generate kode-kode dan link yang dikirim ke nomor kita yang terdaftar.

Saya jadi ingat kejadian yang mirip dengan ini, yaitu upaya penipu untuk masuk ke dalam akun Gojek milik saya, yaitu dengan login dengan menggunakan nomor HP terdaftar maka secara otomatis Gojek akan mengirimkan semacan No PIN untuk login, namun upaya ini harus di follow up dengan menanyakannya secara langsung, modusnya yaitu dengan menelpon saya dan mengatakan bahwa saya mendapatkan hadiah jutaan rupiah dari Gojek, kemudian dia menanyakan kode dari SMS yang dikirimkan oleh Gojek, tentu saja saya sadar, ngapain klo iya dari Gojek nanya-nanya kode SMS? sudah jelas dari isi SMS nya juga" Ini adalah kode rahasia, jangan beritahukan kepada siapapun".

Tadinya mau ngerjain tuh si penipu, tapi males ah, langsung saja saya tutup, kemudian dia mencoba menelepon lagi, tapi tidak saya angkat, kemudian mungkin dia sadar klo saya sudah mengetahui modusnya, dan tidak menelepon lagi.

Setelah saya browsing-browsing, diketahui bahwa upaya penipu ini adalah untuk menguras isi Gopay, si pemilik akun Gojek yang menjadi korban. Parahnya, korban penipuan ini katanya ada juga dari driver Gojeknya sendiri, jadi saldo Gopay milik driver Gojek yang bernilai ratusan ribu sampai jutaan bisa diambil oleh penipu tadi.

Berikut ini adalah ciri-ciri penipu yang mengatas namakan Go-Jek:


Ciri-ciri penipu yang mengatasnamakan Go-Jek
Ciri-ciri penipu yang mengatasnamakan Go-Jek

Berkaca dari dua kejadian tersebut, yang marak terjadi kepada banyak orang juga, kita harus lebih ekstra hati-hati, modus mama minta pulsa ataupun menang undian dari perusahaan-perusahaan ternama mungkin sudah banyak yang mengetahui dan waspada, namun dengan modus baru seperti masuk ke akun Facebook ataupun Go-Jek kita misalnya, itu relatif lebih baru, jadi lebih banyak korban yang tertipu sepertinya.

Bila kita membandingkan upaya login ke akun Facebook dengan Go-Jek, Peretasan ke akun Facebook lebih rentan karena tidak ada peringatan seperti pada SMS verfikasi dari GO-Jek, juga akun Facebook tinggal menekan link yang ada, maka wassalam lah akun tersebut. Hal ini mungkin dikarenakan pihak Facebook kurang "aware" dengan upaya-upaya penipuan di sini.

Semoga kita semua dilindungi oleh Allah SWT dari kejahatan-kejahata setan penipu berwujud manusia ini. Aamiin...

Comments

Popular posts from this blog

Just Dance Now, Game Seru Bermain Sambil Berolah Raga

Pengalaman Menjadi Mystery Shopper

Review Perbandingan Antara Iflix dengan Hooq