Apakah Stop Hunting?, Bagaimana Itu Bisa Terjadi dan Tips Untuk Menghindarinya

Terkena Stop Hunting

Pernahkah mengalami saat trading kita melihat misalnya harga berada pada level resistant yang cukup kuat, sudah terbentuk double bottom contohnya, nah itu kan setup yang cukup bagus, karena biasanya harga akan reversal balik lagi naik trendnya, apalagi harga sudah terlihat naik sedikit-sedikit maka masuklah posisi buy, lalu biar aman ditempatkanlah stop loss (sell liquid) di bawahnya.

Tidak lama berselah tiba-tiba harga merosot tajam, bahkan menembus supportnya, stop loss done! kemudian harga pun kembali naik, dan terus naik sesuai dengan perkiraan semula, yups hal tersebut cukup sering terjadi dan bisa membuat frustasi hehe...

Apa Sih Penyebab Terjadinya Stop Hunting Itu?

Ternyata penyebab dari terjadinya stop hunting itu karena masuknya para "big boys" atau  "Smart Money" yaitu mereka si penggerak pasar disebut juga "market maker". Mereka ini adalah Institusi Bank, Hedge Funds dll. Karena begitu besarnya kuantitas tradingnya maka mereka pun mengalami kesulitan untuk dapat masuk ke dalam pasar, karena terbatasnya likuiditas yang tersedia. Misalnya mereka mempunyai dana 30 Milyar USD, saat kondisi di atas tadi, sangat sedikit yang menawarkan posisi jual karena sudah diperkirakan harga akan naik.

Namun para "big boys" itu tau bahwa terdapat banyak sekali stop order di bawah harga support tersebut, karena posisi para retail trader sudah masuk dengan posisi buy, maka stop loss nya berarti untuk menutupnya dengan order posisi sell di bawah support tadi.

Nah para market maker itulah menggerakkan harga ke bawah dan mengambil posisi sell tersebut dengan membelinya (buy), sehingga mereka mendapatkan likuiditas dan dapat masuk ke dalam pasar, para breakout trader juga memberikan tambahan likuiditas untuk mereka karena dikiranya harga tembus dan akan terus turun, para retail trader pun masuk dengan posisi sell dan posisi mereka diambil para "smart money" dengan buy.

Posisi tarik-tarikan tersebut hasilnya biasanya terbentuk candle stick "morning star" atau biasa disebut juga dengan istilah "pin bar", dengan adanya tail yang cukup panjang di bawahnya.

Bagaimana Cara Menghidarinya?


Cara menghindarinya sebenarnya "klasik" yaitu dengan bersabar cek disini, jangan duluan masuk ke market, biarkan para "big boys" melakukan pekerjaannya, dan setelah yakin posisi aman, barulah kita mengikuti jejaknya. :D 

Saya pun baru "ngeh" dengan prosesnya seperti itu setelah melihat video ini:


 Semoga bisa menambah wawasan kita. Selamat bertrading ;)

Comments

Popular posts from this blog

Just Dance Now, Game Seru Bermain Sambil Berolah Raga

Review Perbandingan Antara Iflix dengan Hooq

Pengalaman Menjadi Mystery Shopper